Ray Anggap Sandiaga Lukai Psikis, M. Romahurmuziy Nilai Sandiaga Banyak Disukai Emak-Emak

M. Romahurmuziy
Sumber :
  • Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP

VIVA JABAR - Bicara soal politik tak cukup tentang psikis. Dalam politik yang diperhitungkan ialah tentang realitas dan fakta. Hal itu disampaikan Ketua Majelis Pertimbangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M. Romahurmuziy saat menanggapi pernyataan pengamat politik, Ray Raykuti.

Presiden Korea Selatan Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto

Sejarah perpolitikan di Indonesia bersifat dinamis. Sejarah akan selalu berulang. Ia mengatakan, dalam politik, hal yang biasa bahwa pemenanglah yang akan membuat sejarah. Dan persoalan psikis bukan masalah krusial dalam percaturan politik.

“Politik itu kan, kalau pertimbangan psikis kan itu no sekian, gitu ya. Karena kita berbicara realitas kebutuhan politik ya. Politik itu kan soal menang dan kalah. Karena ketika kemudian menang, dia menulis sejarah. Karena sejarah hanya ditulis oleh para pemenang,” ujarnya dalam Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne yang dikutip pada Selasa 2 Mei 2023.

Diguyur Anggaran Rp54,9 Miliar, Berikut Tokoh yang Santer Nyalon Bupati Subang

M. Romahurmuziy memberikan contoh tentang perpindahan parpol yang dilakukan beberapa kepala daerah. Tidak sedikit dari elit parpol yang menjabat sebagai kepala daerah lalu kemudian berpisah dari parpol pengusung. Dan itu, menurutnya hal yang biasa terjadi dimana kepala daerah bercerai dengan parpol pengusung.

“Bupati-Wakil Bupati bercerai. Di periode kedua, mereka maju sendiri-sendiri. Jadi, bukan hal yang aneh,” urainya.

Menjelang Pilkada 2024, PAN Subang Daur Ulang Strategi Politik

Tak hanya itu, Ia pun mengemukakan adanya kesamaan pandangan politik antara PDI-Perjuangan sebagai partai Nasionalis-Religius. Terlebih, terlihat dari sosok Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Dikatakan M. Romahurmuziy, Sandiaga Uno ini mengingatkan sejarah awal pertama kali Presiden Jokowi berpasangan dengan JK. Ia mengutip pernyataan Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik LIPI, Siti Zuhro yang mengatakan bahwa Sandiaga Uno mirip JK. Sandiaga Uno sosok yang disukai kalangan emak-emak, punya elektabilitas baik dan dinilai cukup tinggi oleh beberapa lembaga survey.

Halaman Selanjutnya
img_title