1.830 Warga Subang Mengidap Penyakit Katarak

Kabid P2P Dinkes Subang dr Indriati.
Sumber :

Jabar –Seiring dengan bertambahnya usia, ribuan warga Subang dihantui penyakit katarak 

Ruhimat Diyakini Nyabup Kembali di Pilkada 2024

Mulai dari kurangnya gizi, hingga paparan asap rokok, katarak bisa mengakibatkan buta permanen jika tidak segera diobati.

"Saat ini Ada 1.830 warga Subang yang mengidap penyakit katarak," ujar Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr Indriati Oetama pada Viva Jabar, Minggu ( 30/6).

ASN Subang Dipindah ke IKN? BKPSDM: Kuota Saja Masih Kurang

Berdasarkan data yang ada di tingkat puskesmas, ada 2.257 warga Subang yang mengidap katarak, jumlah tersebut makin menurun. Ketika faskes kesehatan tersebut melakukan operasi ditahun 2023 sebanyak 397 orang, dan 30 orang ditahun 2024.

Pihak Dinkes, kata Indriati, terus melakukan sosialisasi pada masyarakat, agar terus meningkatkan asupan gizi dan menghindari paparan asap rokok jelang lanjut usia (Lansia).

Kabar Gembira! Lansia Bisa Terima Bantuan Jutaan Rupiah dari Pemerintah, Cek Disini

"Kita ketahui bersama, katarak merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. Hal itu lantaran proses penuaan di mana lensa mata yang jernih secara perlahan menjadi keruh dan berkabut sehingga cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang," ulasnya.

Salah satu penderita Katarak asal Cibogo Subang, Rumiyem (56), mengatakan pengelihatan matanya sudah tak steril, akan hal itu. Ia meminta agar pemerintah Subang menggelar operasi katarak massal secara gratis.

Halaman Selanjutnya
img_title