Sayap Garuda IKN Nusantara Arsitektur Tonjolkan Unsur Budaya Nasional

Istana Kepresidenan IKN
Sumber :
  • kemenparekraf

VIVAJabar – Gegap gempita kegembiraan bercampur haru mewarnai suasana para pekerja pembangunan Istana Negara IKN setelah pemasangan bilah ke-4650, bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di Sayap Barat Selubung Garuda IKN dituntaskan pada Minggu, 21 Juli 2024.

PosIND Kirim Tanaman Hias Segar untuk Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, yang hadir dan larut dalam kebahagiaan bersama para pekerja, mengungkapkan bahwa pemasangan bilah terakhir Garuda di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, menandai selesainya pembangunan Garuda pada istana presiden di mana pemasangan perdananya dilakukan pada 17 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo.

“Hal ini juga merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN. Alhamdulillah, kita menyaksikan dan melaksanakan pemasangan bilah ke-4650 yang menandai selesainya pembangunan Garuda kita ini," ujar Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Kamis 1 Agustus 2024.

Pos Indonesia Kirim Patung Garuda Take Off ke IKN Nusantara Karya Nyoman Nuarta

Dengan susunan detail yang cermat dan penuh makna, selubung Garuda ini mencerminkan kekuatan dan keindahan Indonesia yang melambangkan semangat persatuan dan keberagaman. Proses pemasangan bilah terakhir ini juga menjadi momen bersejarah dalam pembangunan Istana Negara IKN, yang menjadikan bangunan tersebut sebagai ikon yang memperkuat jati diri dan kebanggaan bangsa.

Bilah Terakhir Sayap Barat Selubung Garuda

Photo :
  • Istimewa
PosIND Kunci Pasar Logistik Ibu Kota Nusantara

Pemasangan bilah terakhir Garuda ini, merupakan wujud nyata komitmen dan dedikasi tinggi sosok Nyoman Nuarta dalam menghadirkan satu lagi karya monumental sekaligus sejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia. Kali pertama Indonesia akhirnya memiliki istana negara dengan arsitektur yang sangat kental menonjolkan unsur budaya Nasional.

Halaman Selanjutnya
img_title