Geo Dipa Operasikan Eco Inovasi Kelola Limbah Kotoran Hewan Minimalisir Bahaya Gas Metana

Geo Dipa Energi
Sumber :
  • Geo Dipa Energi

Jabar, VIVA - Geo Dipa Energi (Persero) meresmikan program Eco Inovasi berbasis pemberdayaan masyarakat yang merupakan salah satu implementasi program Community Development GeoDipa Unit Patuha kepada kelompok ternak “Karya Mandiri” yang terintegrasi dengan Desa Wisata Alamendah, Sabtu (7/9). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan 10 Tahun Sinkronisasi Patuha Unit 1 yang dilaksanakan pada 7 - 9 September 2024.

Balajar Tata kelola Panas Bumi Geothermal Power di Hari Anak Nasional

Program ini ditujukan untuk mengatasi permasalahan pengelolaan limbah kotoran hewan (KOHE) yang memiliki dampak terhadap lingkungan dan sosial melalui potensi pelepasan gas metana ke udara, pencemaran air dan udara. Melalui efisiensi pengolahan KOHE dengan Kemandirian Energi, diharapkan menjadi solusi atas permasalahan tersebut.

Sebagai informasi, setiap harinya dalam 1 koloni yang terdiri dari 30 ekor sapi dapat menghasilkan 300 kg kotoran basah. Namun pengelolaan KOHE selama ini belum maksimal, karena kelompok ternak tersebut hanya mampu mengolah 100 kg KOHE dalam 14 hari untuk dijadikan pupuk organik padat, sementara 4100 kg KOHE setiap 14 hari dibuang tanpa diolah yang menimbulkan permasalahan lingkungan.

Ambil Saldo DANA Gratis dari 3 Aplikasi Ini, Cair Hingga Rp.250 Ribu!

General Manager GeoDipa Unit Patuha, Ruly Husnie Ridwan, menjelaskan bahwa GeoDipa hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut melalui program Eco Inovasi, yaitu memanfaatkan energi terbarukan dari panel surya sebagai penggerak mesin rotary dryer untuk pengeringan limbah KOHE. “Pengoptimalan proses ini memanfaatkan second life baterai dari GeoDipa Unit Patuha sebagai media penyimpanan energi yang merupakan salah satu hotspot dalam pengukuran Life Cycle Asessment (LCA),” ujarnya.

Menurutnya, program ini merupakan salah satu upaya perusahaan untuk meminimalisir dampak lingkungan dari proses bisnis GeoDipa Unit Patuha serta dapat meningkatkan produksi pupuk organik padat dan efisiensi pengolahan yang dapat mengelola 4200 kg limbah KOHE dalam 14 hari untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Cara Tercepat Dapat Saldo DANA Gratis Tanpa Ribet

Kerjasama Carbon Credit CDM

Selain meresmikan program Eco Inovasi, dalam rangkaian kegiatan 10 Tahun Sinkronisasi PLTP Patuha Unit 1, juga dilakukan Kerjasama Carbon Credit CDM antara PT Geo Dipa Energi (Persero) dengan Eco Securities yang telah berhasil memverifikasi Kredit Karbon CDM periode 2014-2020 dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Unit-1 Patuha. Hal ini menjadi pengakuan atas keberhasilan realisasi UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) atau Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim yang berkontribusi terhadap upaya keberlanjutan global. Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Bandung, serta mitra kerja perusahaan.

Halaman Selanjutnya
img_title