Perluas Bisnis Hingga Pegunungan Papua, Kimia Farma Buka 100 Apotek

Kimia Farma Buka Apotek Baru
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Menapaki tahun 2023, PT Kimia Farma Apotek (KFA) memiliki rasa optimisme tinggi. Sebagai cucu usaha dari Bio Farma, KFA melakukan ekspansi 100 outlet baru di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di pegunungan Papua. Tidak hanya itu, tapi KFA juga sudah membidik pasar e-commerce. 

Sambut Idul Adha 1444 H, Biofarma Group Bagikan Ratusan Hewan Kurban

Honesti Basyir, selaku Direktur Utama Bio Farma Holding mengatakan, KFA dengan jumlah Apotek lebih dari 1.200 outlet, termasuk 19 outlet di wilayah Papua, merupakan jaringan apotek terluas di Indonesia, dan menjadi kontributor pendapatan terbesar di Kimia Farma Grup (KAEF). Tidak hanya itu, penambahan outlet baru juga menunjukkan potensi bisnis retail farmasi ke depan yang semakin cerah. 

”Penambahan outlet ini seiring dengan target pendapatan di retail farmasi,” kata Honesti. 

Turut Serta Jaga Kesehatan Dunia, Bio Farma Salurkan 1,5 Juta Dosis Vaksin ke Negeria

Selanjutnya Honesti menambahkan, tahun ini tren bisnis kesehatan cukup potensial. Secara nasional, pertumbuhan bisa mencapai 6-8%. Di tambah, penjualan melalui marketplace atau e-commerce sedang melonjak mencapai 40%.

Direktur Utama Kimia Farma David Utama menerangkan, di 2023 KFA memiliki strategi transformasi, baik bersifat dasar maupun advance. Untuk dasar, kata dia, improvement ketersediaan produk serta store refreshment di seluruh outlet.

Kembali Ukir Prestasi, Biofarma Group Raih Penghargaan dari Kemenkes RI

Sementara untuk strategi advance, lanjut Honesti fokus pada improvement pemasaran dengan melakukan market potensial analysis di setiap apotek. Serta memanfaatkan dukungan digitalisasi untuk memahami karakterisktik pelanggan dan program-program membership.

Untuk diketahui, peresmian outlet KFA terbaru digelar secara hybrid dipusatkan di outlet Kimia Farma Pantai Indah Kapuk (PIK), di Marina Raya Rukan Crown Golf B2 PIK, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu, 6 Mei 2023. 

Halaman Selanjutnya
img_title