Gempa Dahsyat Guncang Turki-Suriah, Korban Tewas Lampaui 3000 Jiwa

Gedung hancur imbas gempa Turki.
Sumber :
  • AP Photo/Mahmut Bozarsan via VIVA.co.id

VIVA JABAR- Gempa dasyat berkekuatan di atas 7,5 magnitudo mengguncang Turki dan Suriah. Imbasnya, lebih dari 3000 orang dilaporkan tewas di kedua negara tersebut.

Akan Bantu Perang Melawan Israel, Ini Janji Irak Kepada Komandan Hamas

Melansir VIVA.co.id Selasa 7 Februari 2023, otoritas Turki mengkonfirmasi sudah 2.316 kematian. Sementara itu, 1.293 kematian lainnya dilaporkan terjadi di Suriah.

Selain banyak korban luka, gempa kuat itu menyebabkan ribuan bangunan runtuh di kedua negara. Guncangan awal gempa berkekuatan 7,8 terjadi di tenggara Turki pada Senin pagi kemarin.

Bang Onim Relawan dari Indonesia, Cerita Pasien di Gaza Operasi Tanpa Obat Bius dan Pereda Nyeri

Lalu, beberapa jam kembali terjadi gempa berkekuatan 7,6.

Survei Geologi AS menyampaikan awal gempa berpusat sekitar 33 km (20 mil) dari Gaziantep, kota besar dan ibu kota provinsi.

Timnas Indonesia Ketiban Untung Usai Suriah dan Afghanistan Mundur di Asian Games

Dari Suriah, dilaporkan korban tewas dampak gempa sudah meningkat menjadi 1.293. Setidaknya 1.293 orang telah tewas dan 3.411 lainnya terluka di seluruh Suriah.

Data Kementerian Kesehatan Suriah menyebut jumlah kematian meningkat di daerah yang dikuasai pemerintah. "1.411 terluka dan 593 tewas di provinsi Aleppo, Latakia, Hama, Tartus," tulis kementerian kesehatan Suriah.

Halaman Selanjutnya
img_title