GeoDipa Dukung Lepasliarkan Sepasang Owa Jawa di Cagar Alam Gunung Tilu

Sepasang Owa Jawa
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – PT Geo Dipa Energi (Persero) atau GeoDipa mendukung kegiatan pelepasliaran sepasang Owa Jawa (Hylobates moloch) ke habitatnya di Cagar Alam Gunung Tilu (CAGT), Jawa Barat pada hari Kamis, 16 Februari 2023.

Ramadan Berkah, GeoDipa Bagikan Ribuan Paket Sembako Untuk 3 Desa

Kegiatan ini merupakan program kerja sama konservasi primata endemik dan habitatnya antara Direktorat Jenderal, Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui melalui Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat bekerjasama dengan The Aspinall Foundation Indonesia Program (TAF-IP) yang sudah berjalan sejak tahun 2010.

HSE & Safeguard Manager, Project Management Unit GeoDipa, Ray Armand menyampaikan bahwa GeoDipa menyadari penting untuk saling bahu-membahu menjaga kelestarian lingkungan.

Sinergitas Geodipa dan Stakeholders Lewat Rangkaian Meaningful Consultation

"Kami berharap keduanya dapat beradaptasi dan berkembang dengan baik di habitatnya," jelas Ray Armand dalam keterangan resminya, Jumat, 17 Februari 2023.

Sepasang Owa Jawa yang dilepaskan telah berusia 6 tahun (jantan) dan berusia 6,5 tahun (betina). Primata endemik tersebut telah berhasil direhabilitasi di Pusat Rehabilitasi Satwa Primata Jawa (PRS-PJ) Patuha.

Melalui Program CSR, GeoDipa Gelar Pelatihan Service Sepeda Motor untuk Warga

Keduanya dalam kondisi sehat dan akan menjadi individu owa jawa ke 53 dan 54 yang diliarkan tim TAF-IP bersama BBKSDA Jabar. Keduanya akan selalu dipantau oleh tim pemantau lapangan sampai 6 bulan ke depan untuk memastikan adaptasi dan perkembangan mereka di hutan tempat mereka diliarkan.

Sementara itu, Made Wedana selaku Direktur The Aspinall Foundation menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut, menurutnya kelancaran kegiatan tersebut tidak terlepas dari peran-peran mereka. 

Halaman Selanjutnya
img_title