Bersama Memajukan UMKM: Pos Indonesia dan BNI Jalin Kerja Sama

Pos Indonesia Kerjasama dengan BNI
Sumber :
  • Tim VIVA Jabar

VIVAJabarPT Pos Indonesia (Persero) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) resmi menjalin kerja sama strategis untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui kolaborasi antara PosAja! dan Xpora BNI.

Herardi Cahya Nagara Harumkan Nama Indonesia di Ajang Microsoft Excel World Championship 2024

Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan UMKM dan perekonomian nasional.

Kolaborasi ini bertujuan untuk membangun ekosistem UMKM yang tangguh, baik di pasar domestik maupun internasional, melalui solusi logistik, pembiayaan dan edukasi bisnis. 

Produksi 1,2 Juta Unit Pertahun, Acer Perkuat Pemasaran dan Fitur AI

Pos Indonesia Kerjasama dengan BNI

Photo :
  • Tim VIVA Jabar

Penandatanganan kerja sama kedua belah pihak dilakukan oleh SVP Retail Business PT Pos Indonesia W Lily Selanno dan Pemimpin Divisi Retail Productive Banking BNI I Nyoman Astiawan, turut hadir menyaksikan Direktur Business Development dan Portfolio Management Pos Indonesia Prasabri Pesti. 

1500 Anak Nelayan dan Pembudidaya Subang Ikuti Simulasi Makan Bergizi Gratis, DKP Usulkan Menu Ikan

Menurut Pasabri, kerja sama ini menjadi peluang besar bagi UMKM untuk memanfaatkan layanan logistik terintegrasi dan solusi digital Pos Indonesia melalui platform digital courier PosAja!. 

"Kami berkomitmen memberikan dukungan menyeluruh bagi UMKM, mulai dari pengiriman domestik hingga internasional, dengan tetap mengedepankan inovasi layanan," ujarnya.

Melalui kerja sama ini, kedua belah pihak bersepakat kolaborasi pada layanan logistik terpadu, yaitu sistem PosAja! akan terintegrasi dengan portal Xpora BNI. Kolaborasi ini akan mempermudah UMKM dalam pengiriman produk baik lokal maupun ekspor.

Kerja sama lainnya yaitu pemanfaatan outlet Pos. Nantinya outlet Pos akan menjadi pusat layanan fulfillment dan media live streaming bagi UMKM. Juga pelatihan bagi UMKM untuk meningkatkan wawasan mengenai pengelolaan logistik dan ekspor.

Kemudian dari sisi Bank BNI, menyediakan fasilitas kredit untuk UMKM yang tergabung dalam ekosistem PosAja!. Juga sistem digital terintegrasi, seperti Virtual Account dan BNI Direct untuk efisiensi layanan.

“Komitmen membangun UMKM unggul melalui kolaborasi ini juga diiringi dengan program edukasi keuangan, seperti webinar dan workshop, untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam menghadapi tantangan pasar global,” jelas SVP Retail Business PT Pos Indonesia W Lily Selanno. 

Sedangkan promosi bersama antara BNI dan Pos Indonesia di platform PosAja! diharapkan dapat meningkatkan visibilitas program dan memperluas jangkauan layanan.

“Kami ingin memastikan UMKM mendapatkan akses mudah ke berbagai layanan, mulai dari logistik hingga pembiayaan, untuk mendukung langkah mereka menuju pasar global,” kata I Nyoman Astiawan, Pemimpin Divisi Retail Productive Banking BNI.

Kerja sama ini, lanjut dia, juga menjadi langkah nyata dalam memperkuat ekosistem digital nasional. Dengan integrasi layanan logistik dan keuangan, Pos Indonesia dan BNI berharap dapat menciptakan pengalaman layanan yang efisien dan modern, sehingga mendorong pertumbuhan UMKM sekaligus berkontribusi terhadap ekonomi nasional.

Sebagai perusahaan BUMN, Pos Indonesia dan BNI terus berkomitmen untuk mendukung transformasi UMKM di Indonesia, menjadikannya lebih kompetitif di pasar global. Kolaborasi ini bukan hanya memberikan solusi inovatif, tetapi juga memperkokoh sinergi antar-BUMN untuk kemajuan bersama