JCH Padang Diberangkatkan, Lansia Jadi Prioritas Utama

Antrian Jamaah Haji Depan Pintu Raudhah
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Sebanyak 388 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sumatera Barat diberangkat lewat Embarkasi Haji Padang. JCH tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama asal Kota Padang.

781 Calon Jemaah Haji Asal Purwakarta 2024 Jalani Bimbingan Manasik Haji

JCH sudah diterbangkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Senin, 5 Juni 2023, pukul 01.30 WIB. 

"Kloter pertama ini, seluruhnya berasal dari kota Padang. Ditambah lima petugas kloter dan dua orang dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD)," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag, Sumatera Barat, Helmi dilansir dari viva.co.id

BPKH Limited Gandeng Pos Indonesia Garap Ekosistem Haji dan Umrah

Disebutkannya, pada kloter pertama tercatat ada sebanyak 151 JCH lansia, sembilan diantaranya mengenakan kursi roda. Para JCH lansia, berdasarkan arahan Menteri Agama merupakan JCH prioritas. 

"Layanan haji tahun ini tagline yang diusung Haji Ramah Lansia," ujar Hemli. 

Dinar Candy Lahir dari Orang Tua Taat Agama, Guru Ngaji dan Terhormat di Sukabumi

Helmi melanjutkan, sedangkan untuk kuota haji di Sumatera Barat sendiri, tercatat ada sebanyak 4.613 orang. Dari jumlah itu, 1.999 di antaranya merupakan lansia. Bahkan, 3 di antaranya sudah berusia di atas 95 tahun.

"Lansia kita prioritaskan. Bagi pihak keluarga yang tidak bisa mendampingi langsung orang tuanya, tidak perlu khawatir. Ada petugas haji lansia yang kita siapkan khusus untuk melayani para JCH lansia," tandas Helmi.