Heboh Pimpinan Ponpes Al Zaytun Sarankan Santrinya Baca Alkitab

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA JabarPimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, Panji Gumilang seakan tidak ada habisnya membuat kehebohan dengan pernyataan kontroversial. Mulai dari shaf sholat, salam Kristen, membawakan lagu Yahudi, hingga menyamakan haleluya dengan tahlilan. 

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Terkini, Panji Gumilang kembali menyinggung soal perjanjian lama dan perjanjian baru yang ada di dalam Alkitab, kitab suci umat Kristen. Ia meyakini bahwa masyarakat Indonesia saat ini dipastikan tidak memahami isi dari perjanjian tersebut. 

"Saya yakin saudara-saudara ini perjanjian lama pun belum tahu bukunya seperti apa ini. Mengapa? Karena sudah menganggap yang paling benar itu satu saja," kata Panji Gumilang seperti dilansir dari akun TikTok @herypatoeng pada Kamis, 15 Juni 2023. 

Ada yang Mondok di Gontor, Ini 5 Artis Indonesia Jebolan Pondok Pesantren

Panji Gumilang menegaskan, menurut dia hal yang dianggap paling benar itu terdiri dari kumpulan yang ada dalam perjanjian lama dan perjanjian baru. "Mungkin di satu tidak menceritakan detail, dan yang lama terdapat cerita detail. Bacalah itu," ujarnya.

Mirisnya, Panji Gumilang menyebut bahwa pada saat pertama kali Ponpes Al Zaytun berdiri, dirinya sudah menyarankan kepada semua santri untuk membaca isi dari perjanjian lama dan perjanjian baru Alkitab. 

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

"Saya sejak tahun pesantren ini berdiri, sudah menganjurkan baca buku perjanjian lama dan perjanjian baru," tandasnya.

Sebelumnya, Panji terang-terangan mengaku meragukan Al Quran sebagai ucapan dari Allah SWT. Pernyataan Panji Gumilang kali ini kembali viral di media sosial setelah pernyataan tersebut diunggah oleh pemilik akun @herypatoeng di TikTok. 

Halaman Selanjutnya
img_title