Mirip Kaki Gajah, Tim Medis RSCM Menduga Obesitas MF Disebabkan Filariasis

Pria Obesitas 300 Kg, Muhammad Fajri di RSCM
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Muhammad Fajri, Pria Obesitas 300 kilogram yang berasal dari Tangerang tengah mendapat perawatan khusus dari tim dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Dwinan Marchiawati, Kepala Dinas Subang yang Mengawali Karir Sebagai Dokter

Dalam penanganannya, tim dokter menduga sejumlah penyebab kondisi Fajri mengalami obesitas, termasuk kondisi penyakit filariasis yang disebabkan tiga spesies cacing di tubuh pasien.

Melansir dari viva.co.id, dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr. dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK(K), MHA, menjelaskan bahwa pasien dengan nama lengkap Muhammad Fajri (MF) ini secara kasat mata memiliki kaki kanan yang lebih besar. 

Azhiera Sebut Kurnia Meiga Bohongi Dokter yang Dikirim Erick Thohir

Setelah ditelusuri ditemukan hasil pengamatan, kata dokter Nadia, salah satu penyebabnya karena terdapat pembesaran akibat sumbatan pada organ-organ tubuhnya.

"Kaki kanan yang membesar itu kita membuat difusi dengan limfedema, yaitu akibat dari sumbatan limfa. Kemungkinan juga penyebabnya apa, apakah kemungkinan ada devite di trombosit, tadi sedang kita cari," ungkap dr Nadia, dalam konferensi pers di RSCM, Jakarta, Rabu (14/6/2023) lalu.

Kondisi Olla Ramlan Setelah Heboh Minta Tolong

Filariasis Disebabkan 3 Cacing

Menurut dokter Nadia, kelainan yang dialami MF ini hampir mirip dengan kaki gajah atau dalam bahasa medis disebut dengan 'Filariasis'. 

Halaman Selanjutnya
img_title