Soal Ponpes Al-Zaytun, Tokoh Reformasi Amin Rais Cium 'Produk Orde Baru'

Tokoh Reformasi, Amin Rais
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Tokoh reformasi, Amin Rais mencium adanya dugaan keterkaitan antara Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat sebagai produk orde baru. Amin Rais menganalogikan keterkaitan itu dengan paham dasar salah satu ayat Q.S At-Tiin.

Jelang Pilkada 2024, PKB Godok 7 Nama Calon Bupati Subang

“Caranya melihat itu mudah sekali. Wattini wazzaytun. Masjid At Tin dan Pesantren Al Zaytun," kata Amien Rais kepada wartawan, Jumat (30/6/2023), dilansir dari viva.co.id

Pria 79 tahun itu mendasari dugaan kuat keterkaitan antara Ponpes Al-Zaytun dengan Orde Baru berdasarkan ayat di atas. Ia tak ragu bahwa sponsor pembangunan Al-Zaytun dan Masjid At Tin yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) disponsori oleh kelompok yang sama. 

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Kendati demikian, Amin Rais enggan menjelaskan lebih detail pernyataannya itu. 

"Saya kira sama sponsornya, nggak usah mendetail," ujarnya.

Daftar Jumlah Warisan Utang Luar Negeri Pemerintah Indonesia dari Masa ke Masa, Siapa Terbanyak?

Amin Rais mengaku diri sebagai salah satu tokoh yang pernah diminta hadir oleh Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang. Namun, Amin Rais belum menyebut hadir atau tidaknya atas undangan tersebut.

Kala itu, sebut Amin Rais, masih menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 1999-2004. Panji Gumilang, kata Dia, terkesan memaksa untuk hadir. Bahkan sampai dibanding-bandingkan dengan sejumlah tokoh nasional yang pernah berkunjung ke Al Zaytun.

Halaman Selanjutnya
img_title