Penamaan Gedung DPR di Google Maps Jadi Bahan Olokan, Ada Nama 'Peternakan Tikus'

Penamaan Gedung DPR RI di Google Maps
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA Jabar – Warganet di media sosial dihebohkan dengan penamaan sejumlah bagian di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta dalam aplikasi Google Maps yang diubah menjadi kata berkonotasi olokan.

Lolos ke Senayan, Denny Cagur Janjikan Hal Ini untuk Rakyat

Melansir VIVA, ada beberapa penulisan bernada olokan pada gedung parlemen itu, antara lain ‘Gedung Korupsi’ ‘Kantor Petugas Partai’ ‘Peternakan Tikus’ ‘Sekumpulan Tikus Berdasi’ ‘Sarang Tikus’ ‘Gedung Orang Tidur’ ‘Kebun binatang Terbesar di Asia’ hingga ‘Sampah Negara’.

Sejak pagi hingga sore pukul 15.43 WIB sejumlah tulisan di atas masih bisa ditemui. Diketahui, Google memang menyediakan fitur untuk siapapun mengedit nama tempat serta detail lokasi di peta digital milik mereka.

Lonjakan Suara Jadi Sorotan, PSI Klaim Dapat Jatah 5 Kursi

Saat dikonfirmasi Anggota DPR RI Irma Suryani Chaniago mengaku sedih dengan aksi tersebut. Menurutnya kebebasan berpendapat tetap harus diiringi dengan etika dan moral.

“Saya sedih mendapati fakta bahwa kebebasan berpendapat di Indonesia menjadi salah kaprah, kebebasan berpendapat tetap harus menafikan etika, moral dan kepantasan dalam bertutur kata,” ujar Irma kepada wartawan Senin 3 Juli 2023.

Setelah Resmi Jadi Anggota DPR, Ini yang akan Dilakukan Uya Kuya

Wakil rakyat fraksi NasDem itu mengaku dirinya bukan alergi dengan kritik yang disampaikan, melainkan kata-kata seperti tertuang dalam penamaan Google Maps itu dianggap tak seharusnya digunakan.

"Saya tidak alergi dengan kritik, karena saya sendiri bagian dari anggota DPR yang selalu melakukan kritisi kepada pemerintah yang programnya negative impact terhadap kondisi sosial ekonomi rakyat. Namun kata-kata dan kalimat atau narasinya sebaiknya tidak 'kebun binatang, atau kotoran'," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title