KPK Periksa Tukang Cukur Langganan Lukas Enembe

Lukas Enembe mengenakan baju tahanan KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA JABAR- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan respons atas pertanyaan dari kubu Lukas Enembe terkait motif memeriksa tukang cukur langganan gubernur nonaktif Papua itu sejak tahun 2001 itu.

Pengacara Sebut Sekda Bandung Dipanggil Penyidik KPK Sebagai Tersangka Kasus Korupsi CCTV

KPK mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap seseorang tidak melihat latar belakangnya.

"KPK memanggil seseorang sebagai saksi tentu kami sebelumnya memiliki informasi dan data. Kebutuhan seorang saksi ketika dipanggil untuk menghadap dan menerangkan yang kemudian diketahuinya langsung di hadapan tim penyidik KPK," ujar Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri dikutip Rabu 8 Februari 2023.

KPK akan Panggil Tersangka Baru Kasus Korupsi CCTV dalam Proyek Bandung Smart City

Dalam hal itu, Ali pun menegaskan bahwa setiap pemanggilan seseorang itu sudah pasti mengacu pada kebutuhan penyidik.

Menurutnya, para saksi diperiksa setelah penyidik meyakini keterangan saksi itu diperlukan dalam membuat terang sebuah perkara.

KPK Kembangkan Penyidikan Kasus Korupsi CCTV, Sekda Bandung Disebut Jadi Tersangka Baru

"Mau siapapun kami memiliki data dan informasi untuk digali keterangannya sebagai saksi, pasti kami panggil. Jadi jangan kemudian melihat dari profesinya, jabatannya. Tapi keterangan dan informasi yang ingin diklarifikasi kepada siapa itulah KPK panggil, siapa pun itu," tutur Ali.

Ali belum menjelaskan materi pemeriksaan tukang cukur langganan Lukas Enembe. Keterangan para saksi itu kini masih didalami penyidik.

Halaman Selanjutnya
img_title