Dugaan Penyebab Matinya Puluhan Kucing di Sunter

Kucing MAti
Sumber :
  • screenshoot by Viva

VIVA Jabar Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati, penyebab kematian puluhan kucing di Sunter, Jakarta Utara, bukan karena mereka diracuni, seperti yang disimpulkan dari hasil investigasi sementara.

Kenali dan Segera Tangani Paparan Racun 'Sianida', Ini Gejalanya

"Tidak menunjukkan kerusakan. Jadi, dalam posisi normal, artinya apa, artinya yang seperti kemarin takut diracun,  tidak," kata dia kepada wartawan, Jumat 14 Juli 2023.

Eliawati mengklarifikasi bahwa hasil pemeriksaan organ dalam puluhan kucing tersebut menunjukkan bahwa semuanya normal, hanya saja perut mereka kosong. Menurutnya, malnutrisi kemungkinan besar menjadi penyebab kematian puluhan kucing tersebut.

Urgensitas dan Cara Sterilisasi Kucing

"Bisa jadi malnutrisi, namun kita investigasi bersama-sama, kami Pemprov DKI Jakarta dan Balai Besar Veteriner Subang supaya kalau terjadi infeksi virus saat sekarang ini akan dilakukan penelitian ulang," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, beredar video di media sosial Instagram yang memperlihatkan puluhan kucing mati di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Video tersebut diunggah oleh akun @seputar.sunter.

Usai Digeruduk Pecinta Kucing, 3 Wanita yang Cekoki Kucing dengan Miras Mengaku "Hilaf"

Dalam video itu terlihat pula unggahan sebuah foto sang pemilik yang memperlihatkan kucingnya mati hingga kejang-kejang.

"Ini kelanjutan dari kisah banyaknya kucing jalanan dan peliharaan yang mati setelah dibawa jalan keliling komplek di Sunter Muara. Menurut berbagai narasumber (banyak), ini karena di racun," dikutip VIVA dari laman instagram @seputar.sunter, Rabu, 12 Juli 2023.