Uang Rp.549jt Milik Nasabah BRI Hilang, BRI: Salah Sendiri Tidak Hati-hati

Ilustrasi uang THR
Sumber :
  • tvonenews.com

VIVA Jabar - Pemimpin Kantor Cabang BRI Malang Soekarno Hatta, Ronaldo Nasution buka suara atas kasus hilangnya uang Rp549 juta milik salah satu nasabah bernama Irwan Gema (67). Irwan kehilangan uang setelah mengklik file Pdf yang dikirim orang asing ke aplikasi Whatsapp di handphone miliknya.

Cara Transfer Uang dari BCA ke BRI Lewat ATM dan Mobile Banking

Ronaldo menilai korban sudah bocorkan data transaksi perbankan yaitu kode OTP ke pihak lain yang tidak bertanggungjawab. BRI pun menyesalkan kejadian tersebut. Dalam posisi ini Irwan dianggap jadi korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering.

"Kejadian tersebut akibat yang bersangkutan (korban) membocorkan data transaksi perbankan (kode OTP) yang bersifat pribadi dan rahasia pada pihak yang tidak bertanggungjawab," kata Ronaldo, Senin, 17 Juli 2023.

4 Cara Dapatkan Uang Rp200 Ribu dari HP, Ikuti Survei dan Kumpulkan Poin!

Dia menyebut Irwan sebagai korban dari modus penipuan melalui aplikasi yang tidak resmi atau bodong. Namun, dalam kejahatan ini, aplikasi yang diinstal korban tanpa disadari memberikan persetujuan untuk mengizinkan aplikasi bodong tersebut mengakses lewat pesan pendek SMS.

Pun, dia menuturkan dalam kasus seperti ini, BRI akan ganti rugi nasabah jika kelalaian diakibatkan sistem mereka. Menurut dia, langkah yang diambil BRI saat ini dengan melakukan investigasi.

Cara Melacak Lokasi Pasangan di WhatsApp Tanpa Ketahun, Cukup Lakukan Ini!

"BRI telah melakukan investigasi atas pengaduan dan BRI menyesalkan kejadian tersebut. Hasil investigasi kami sampaikan ke nasabah," tutur Ronaldo.

Dia mengimbau agar nasabah bisa menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI.

Halaman Selanjutnya
img_title