Eks Penggalang Dana Al Zaytun Ngaku Lakukan Penipuan dan Koordinir ART Gasak Harta Majikan

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang
Sumber :
  • Kolase tvOne

VIVA Jabar – Ahmad Sudimin, mantan penggalang dana Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun mengungkap fakta mengejutkan terkait bagaimana proses penggalangan dana yang selama ini ia lakukan. Sudimin mengaku, dirinya sering melakukan tindak pidana kejahatan untuk mengumpulkan dana, salah satunya dengan mencuri.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Hal itu disampaikan Sudimin dalam tayangan Catatan Demokrasi bertajuk 'Ritual Nyeleneh Al Zaytun Sambut 1 Muharram' di tvOne, Selasa, 18 Juli 2023.

Awalnya, Sudimin mengaku masuk ke dalam kelompok Negara Islam Indonesia (NII) tahun 1999 sampai 2002. Selama itu, dia dijadikan sebagai tentara Islam Indonesia untuk Negara Karunia Allah dan bertugas menggalang dana. 

Azhiera Adzka Sebut Anaknya Sampai Trauma Lihat Gesper Gegara Kurnia Meiga

"Di penggalangan dana itu saua melakukan banyak sekali kejahatan dari penipuan-penipuan dan setelah penipuan sudah saya tidak bisa menipu ke sana kemarin nipu orang tua, nipu saudara, saya sudah nggak bisa menipu akhirnya saya melakukan pencurian dan tindakan kriminal," ucap Sudimin.

Tak hanya itu, Sudimin juga pernah menjadi koordinator para pembantu atau asisten rumah tangga (ART) di beberapa daerah seperti Bandinh, Yogyakarta, hingga Purwokerto untuk menggasak harta milik majikannya demi Al Zaytun. Aksi kriminal pembantu menggasak harta majikanya ini sempat ramai pada tahun 2002 lalu.

Demi Pengobatan Kurnia Meiga, Mantan Mertua Rela Jual GOR Rp40 Miliar

"Saya dulu mengkoordinir pembantu-pembantu, jadi masuk ke majikan sehari, dua hari lalu majikan pergi, mereka juga ikut pergi tentunya membawa hasil rampasan perang itu," ucapnya.

"Hanya barang-barang kecil tapi berharga, kita nggak pernah ngambil barang-barang besar tapi nggak ada nilainya," jelas Sudimin.

Halaman Selanjutnya
img_title