Viral! Bak Negara Israel, Polisi Indonesia Bersepatu Usir Pendemo di Dalam Masjid Raya Sumbar

Polisi Bersepatu Masuk Area Masjid Sumbar
Sumber :
  • screenshot berita viva news

VIVA Jabar - Kesal dengan ambisi warga yang sulit untuk dipendam, Jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Barat, mengusir paksa warga Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat saat berdiam diri didalam kawasan Masjid Raya Sumbar, Sabtu 5 Agustus 2023.

Seorang Remaja di Subang Ditusuk Gengster hingga Tembus ke Paru- Paru

Bahkan beredar, video personel kepolisian memasuki masjid dengan mengenakan sepatu dan seragam lengkap. Diketahui, ribuan warga Air Bangis sejak lima hari terakhir menggelar aksi demonstrasi didepan kantor Gubernur Sumbar.

Mereka, menolak rencana proyek strategi nasional (PSN) yang diajukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Selama berada di kota Padang, ribuan warga ini menginap di kawasan Masjid raya Sumbar.

Tindak Tegas Bikers Sunmori, Masyarakat Diminta Melapor jika Ada Balapan Liar

Masjd Raya Sumbar

Photo :
  • screenshot berita viva news

Video insiden pengusiran yang dilakukan personil Kepolisian itu, memantik perhatian pakar Hukum Tata Negara, Feri Amsari. Mengatasanamakan Koalisi Masyarakat Sumbar, Feri menerbitkan surat terbuka yang ditujukan ke Presiden RI, Menkopolhukam, Kapolri dan Komisioner Komnas HAM RI.

Selebgram Chandrika Chika Ditetapkan Tersangka Dugaan Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Surat itu, ia bagikan melalui laman facebook miliknya. Dikutip dari surat terbuka itu, Feri menulis kejadian ini bermula dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diusulkan Pemerintahan Provinsi Sumbar terkait Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) pada daerah Aia Bangih, Pasaman Barat-Sumbar yang berujung pada terjadinya upaya pengusiran paksa terhadap masyarakat di Masjid Raya Sumbar. 

"Upaya mengusir jamaah Masjid yang sekaligus demostran terkait ISPO itu, mengabaikan nilai-nilai agama. Misalnya, memasuki masjid tanpa membuka sepatu dan berteriak-teriak. Padahal, dalam Islam dilarang berteriak (meninggikan suara) dalam masjid,"kata Feri Amsari, Sabtu 5 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title