Sabet Emas, Agus Prayogo: Ini Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Agus Prayogo Atlet Maraton Putra
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Kabar gembira datang dari cabang atletik SEA Games 2023 Kamboja di nomor maraton putra, Agus Prayogo. Pelari tercepat asal Indonesia (37) ini berhasil menyabet medali emas dalam lomba yang digelar di Kawasan Situs Warisan Dunia, Angkor Wat, Siem Reap, Sabtu (6/5/2023).

Erick Thohir Tegaskan Piala AFF Hanya Trial, Bukan Prioritas

Agus merupakan atlet asal Jawa Barat yang telah mengharumkan nama baik Indonesia di ajang SEA Games khusus Cabor maraton sejak 2009 di laos. Saat di Laos, Agus merebut emas dari nomor 10.000 meter. Ia kembali menjadi yang terbaik di nomor 10.000 m dan 5.000 pada SEA Games 2011 di Palembang (Indonesia).

Tahun ini, ajang SEA Games di Kamboja, merupakan perolehan medali emas yang ke-7 bagi agus di ajang multievent SEA Games. Sebelumnya, di ajang SEA Games 2013 di Naypyidaw (Myanmar) dan 2015 di Singapura, Agus hanya berakhir dengan perolehan medali masing-masing perunggu dan perak.

Ini 3 Pemain yang Dipredikasi Jadi Pilar Penting Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Selanjutnya, tahun 2017 di Kuala Lumpur, Agus kembali berjaya di nomor 10.000 m meski hanya puas dengan medali perak. 

Masih dilansir dari viva.co.id, pada SEA Games 2019 di Manila, Agus menjadi yang terbaik di nomor maraton. Sekalipun, 2 tahun berikutnya, yakni SEA Games 2021 Hanoi, Agus gagal mempertahankan medali emas dan hanya mampu mendapatkan perak seperti di Kuala Lumpur.

Kecewa, Beckham Putra Tak Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

"Saya bersyukur kembali meraih emas setelah di Hanoi hanya perak. Ini untuk seluruh masyarakat Indonesia," kata Agus, atlit kelahiran Bogor tanggal 23 Agustus 1985 itu.

Agus menceritakan, dari awal berusaha menjaga jarak dan di kilometer 17 mulai mencoba melepaskan diri kemudian bertahan. Sebab, berdasar pengalaman, saat di Hanoi (SEA Games 2021) kalah disalip pelari Vietnam di lima kilometer akhir menjelang garis finish.

Halaman Selanjutnya
img_title