Dicukur Indonesia, Begini Pembelaan Terakhir Philippe Troussier Sebelum Dipecat Vietnam

Pelatih Vietnam, Philippe Troussier
Sumber :
  • tvOnenews/Ilham Giovani

VIVA Jabar – Philippe Troussier resmi dipecat dari kursi kepelatihan Timnas Vietnam usai dicukur Indonesia 0-3 dalam pertandingan keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di My Dinh National Stadium pada Selasa, 26 Maret 2024.

Timnas Indonesia U-23 Dijuluki Tim Pengacau di Piala Asia U-23

Hasil tersebut membuat catatan tak pernah terkalahkan ketika menjamu Skuad Garuda di markas sendiri pun terpatahkan.

Hasil tersebut juga menambah rentetan hasil negatif Troussier selama membesut tim berjuluk The Golden Star Warriors. Publik mendesaknya untuk mundur, dan makin santer disuarakan usai pertandingan melawan Indonesia.

Kontrak Shin Tae-yong Resmi Diperpanjang, Begini Kata PSSI

Juru taktik asal Prancis itu memberi pembelaan terakhirnya sebelum dipecat oleh VFF. Menurut dia, andai para pemain bisa mencetak satu gol ke gawang Indonesia, jalannya pertandingan semalam akan berbeda.

Troussier menilai anak asuhnya buruk dalam urusan penyelesaian akhir. Sehingga mereka tidak bisa mendapat momentum kebangkitan untuk mengejar ketertinggalan dari skuad asuhan Shin Tae-yong.

Bek Korea Selatan Ini Sebut Timnas Indonesia U-23 Bukan Tim Underdogs

"Secara profesional, kami menciptakan banyak peluang, lebih dari 10 situasi percobaan ke gawang Indonesia. Namun tidak efektif dalam penyelesaian akhir," kata Philippe Troussier dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Upaya untuk menciptakan peluang seperti itu bukanlah masalah keberuntungan atau kebetulan. Para pemain telah menantang rintangan untuk mempertahankan kemauan dan upaya mereka sampai akhir, mengikuti aturan permainan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title