Liga 1 2023-2024 Dihentikan, PSSI Dinilai Buat Masalah

Liga 1
Sumber :
  • Goal.com

VIVA Jabar – Kabar mengejutkan datang dari dunia sepakbola Indonesia. Liga 1 secara mendadak dihentikan. Penghentian tersebut dilakukan demi Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di Piala Asia U-23. Dalam hal ini, PSSI dianggap membuat masalah baru.

Apapun Hasilnya, Menpora Minta Masyarakat Tetap Dukung Timnas Indonesia

Keputusan penghentian Liga 1 tersebut dibuat melalui rapat Exco PSSI, dan kemudian dituangkan dalam surat dengan nomor 1367/UDN/815/III-2024. Disebutkan dalam surat itu, liga 1 2023-2024 dihentikan sementara karena Timnas Indonesia U-23 akan berlaga di Piala Asia U-23 2024 sejak 15 April 2024 di Qatar.

Menurut Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), penghentian itu mengakibatkan perubahan jadwal yang signifikan. Hal itu menandakan bahwa sepakbola Indonesia belum dikelola secara terstruktur dan inkonsisten.

Ikhsan Zikrak Ungkap Kegiatan Timnas Indonesia Setibanya di Paris Jelang Playoff Olimpiade

"Kami telah mengirimkan surat kepada PSSI perihal penundaan jadwal lanjutan kompetisi Liga 1. Kepentingan Tim Nasional memang di atas segalanya, namun jangan sampai mengabaikan tatanan yang telah disepakati sebelumnya dan menimbulkan efek domino ke depannya," kata CEO APPI, M. Hardika Aji, dalam keterangan persnya.

Penghentian sementara Liga 1 ini dapat berakibat domino. Salah satunya pembengkakan biaya karena terkait dengan kontrak pemain.

Jelang Laga Playoff Olimpiade, Indonesia Maksimalkan Persiapan

APPI mengatakan rata-rata pemain di liga 1 akan selesai kontrak sampai April. Akibat penghentian sementara tersebut, kontrak pemain harus ditambah.

"Kepentingan negara melalui Tim Nasional memang harus menjadi prioritas utama, namun tentunya hal tersebut dapat dijalankan tanpa melanggar hal-hal lainnya yang telah disepakati sebelumnya, yang dapat menimbulkan kerugian bagi banyak pihak, termasuk para pesepakbola dan klub." kata Hardika.

Halaman Selanjutnya
img_title