Maarten Paes Ungkap Kisah Ia Putuskan Jadi WNI

Maarten Paes
Sumber :

VIVA JabarMaarten Paes baru-baru ini menjadi perbincangan publik setelah Kiper FC Dallas itu memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Paes menceritakan kisah haru di balik keputusannya menjadi WNI.

Tegas Sikapi Ujaran Rasis ke Guinea, PSSI Minta Suporter Tidak Nodai Perjuangan Timnas Indonesia

Kiper yang akan memperkuat Timnas Indonesia tersebut sejatinya tidak memiliki darah Indonesia sama sekali.

Akan tetapi, Kiper berusia 25 tahun itu dianggap berdarah Indonesia dari sang nenek yang lahir dan sempat tinggal di Indonesia sewaktu masih bernama Hindia-Belanda.

Presiden FIFA Minta Masyarakat Tanah Air Bangga dan Terus Dukung Timnas Indonesia

"(Nenek saya) tinggal lahir dan tinggal di sana [Indonesia] selama 5-6 tahun, kemudian Perang Dunia. Dia lalu beberapa tahun masuk camp Spanyol-Jepang, setelah itu kembali ke Belanda menaiki sebuah kapal," tutur Paes di kanal YouTube resmi FC Dallas.

Ternyata, keputusan Paes untuk menjadi WNI bukan datang secara tiba-tiba. Keputusannya sudah lebih dulu dibicarakan dengan neneknya yang berdarah Indonesia sebelum sang nenek meninggal dunia.

Erick Thohir Bicara Masa Depan Timnas Indonesia Pasca Kegagalan Olimpiade Paris 2024

"Saya ingin bermain untuk Indonesia karena ini adalah penghormatan untuk nenek saya yang meninggal sekitar satu bulan lalu. Saya sangat dekat dengannya, dia pernah memasak untuk saya, mengajari cara memasak, dan itu [soal naturalisasi] adalah perbincangan terakhir sebelum meninggal dunia," kata Paes,.

"Saya berbicara tentang ini dan saya melihat matanya, jadi itu sangat perasaan yang istimewa buat dia. Itu adalah sisi personal, tapi kalau soal sepak bola, ada peluang tak terbatas di sana. Indonesia sudah dekat dengan Olimpiade dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Amerika," ucapnya.