Pemberdayaan Ibu PKK Jagakarsa, Kreativitas dalam Pembuatan Sabun Minyak Zaitun

Ibu PKK Jagakarsa
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kelurahan Jagakarsa menjadi saksi sebuah inisiatif inovatif dalam pemberdayaan perempuan melalui kegiatan pembuatan sabun minyak zaitun. Program ini, yang diinisiasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, bertujuan untuk mengajarkan ibu-ibu PKK di Jagakarsa tentang kewirausahaan dan pembuatan produk sabun organik. 

Cara Ganti Akun Instagram Bisnis ke Akun Pribadi, Mudah Tanpa Ribet

Kegiatan ini tidak hanya fokus pada pelatihan teknis, tetapi juga memberikan pemahaman menyeluruh mengenai bauran pemasaran, memungkinkan peserta untuk melihat peluang usaha dari pembuatan sabun organik.

Pelatihan ini diikuti oleh 15 ibu-ibu PKK yang antusias mempelajari keterampilan baru untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka. Proses pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan mendapatkan perizinan dari mitra dan melakukan studi lapangan untuk memahami masalah yang dihadapi masyarakat setempat. Tim pelaksana juga mempelajari pengaruh budaya lokal terhadap permasalahan yang ada, serta menjalin kerjasama erat dengan kelompok ibu-ibu PKK Jagakarsa.

Amanda Soemedi: Tangani Stunting Maksimalkan Bonus Demografi

Tahap pelaksanaan kegiatan ini meliputi penyediaan peralatan dan materi kepada peserta, pemberian materi tentang pembuatan sabun organik, dan praktek langsung penerapan bauran pemasaran. Para ibu-ibu PKK dihimbau untuk menjadikan pembuatan sabun organik sebagai peluang usaha yang berpotensi meningkatkan pendapatan keluarga.

Di akhir program, dilakukan penyusunan laporan hasil pelaksanaan, pemantauan keberlanjutan program, dan publikasi laporan untuk memberikan manfaat informasi kepada pelaku usaha mikro pemula dan masyarakat lainnya. Mitra berperan aktif dalam setiap tahap kegiatan, dari memberikan informasi awal, perizinan studi lapangan, hingga membantu pelaksanaan pelatihan dan pemantauan keberlanjutan program.

NUS Business School Tawarkan Lebih Banyak Beasiswa S2 Bagi Mahasiswa Asia Tenggara Tahun 2025

Evaluasi terhadap program menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta, baik melalui teori maupun praktek. Keberlanjutan program akan terus dipantau dengan meminta informasi tentang penerapan materi yang diberikan dan dampaknya terhadap kinerja mitra.

Keberhasilan program ini diukur dari peningkatan kinerja mitra, yang dapat dilihat dari pertumbuhan penjualan, pelanggan, dan laba. Program pemberdayaan ini diharapkan dapat menjadi model bagi inisiatif serupa di wilayah lain, membantu lebih banyak ibu-ibu PKK mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan menciptakan peluang usaha yang berkelanjutan. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan keluarga, tetapi juga memperkuat ekonomi lokal secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
img_title