Napak Tilas, Mengenang Peristiwa Perang Badar Masa Nabi SAW

Daftar Nama Para Syuhada yang Gugur di Perang Badar
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Ada banyak kelebihan yang dimiliki Kota Madinah, terutama tentang tempat-tempat bersejarah yang biasanya jamaah haji banyak mengunjungi tempat tersebut. Disebut bersejarah karena umumnya mengingatkan peristiwa di masa Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya

1.180 Calhaj Asal Subang Segera Berangkat, Kemenag Distribusikan Koper Jamaah

Tempat-tempat bersejarah itu, tentu bisa dijadikan napak tilas perjalanan Rosulullah. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Kota Badar. Kota yang menyimpan sejarah perjuangan Rosulullah dalam peristiwa monumental, perang Badar.

Untuk menuju ke Kota Badar, biasanya rombongan jamaah haji berangkat dari Madinah. Perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam dari Madinah dengan jarak 150 km. Sepanjang jalan, jamaah akan melihat pemandangan bukit-bukit dan gunung berbatu. Pemandangan nan indah.

781 Calon Jemaah Haji Asal Purwakarta 2024 Jalani Bimbingan Manasik Haji

Di Badar, jamaah haji akan melihat makam para syuhada dan tugu berisikan nama-nama para sahabat Rosulullah yang gugur dalam perang badar.

Mengenai sejarah perang Badar, Kepala Daerah Kerja, Madinah, Zaenal Muttaqin menjelaskan singkat mengenai perjalanan perang Badar.

BPKH Limited Gandeng Pos Indonesia Garap Ekosistem Haji dan Umrah

"Sebagaimana kita ketahui, Rosulullah SAW melakukan peperangan demi menjaga jamaah Islam dari serangan kaum kafir Quraisy Mekkah yang menyerang Rosulullah dan kaum muslimin Madinah. Kemudian terjadilah peperangan di daerah Badar," kisah Zaenal, Minggu (4/6/2023) dilansir dari viva.co.id

Zaenal menambahkan, dalam perang badar, pasukan kaum Quraisy begitu banyak. Jumlahnya tiga kali lipat dari pasukan kaum Muslimin. 

Halaman Selanjutnya
img_title