Mengenal Colol Manggarai Timur Sebagai Pusat Destinasi Kopi Dunia

Wanita Colol NTT sedang petik kopi
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Destinasi wisata menarik yang ada di Indonesia juga ada di wilayah Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Di tempat tersebut, populer disebut dengan Colol Surga Kopi Dunia.

The Minions Umumkan Pensiun dari Dunia Bulutangkis

Hal itu terungkap saat Bupati Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Andreas Agas membuka acara Festival Kopi Lembah Colol, di Lapangan Biting Desa Ulu Wae Kecamatan Lamba Leda Timur, Rabu (14/6/2023) lalu.

Andreas Agas menilai, Colol menjadi kebanggaan bagi Manggarai Timur seperti halnya Bali menjadi kebanggaan bagi warganya lantaran dikenal sebagai Pulau Dewata

MotoGP Le Mans 2024: Pertarungan Seru Menanti Akhir Pekan Ini

Festival Kopi Lembah Colol 2023, sebut Andreas Agas, merupakan sarana pertemuan yang strategis untuk para pecinta kopi, petani, pedagang, LSM dan pemerintah untuk mendapatkan berbagi informasi tentang kopi. 

Kopi Colol, imbuh Agas, memiliki nilai budaya dan filosofi yang menggambarkan keintiman kopi, alam dan manusia. 

Pekan Imunisasi Sedunia 2024, Ribuan Balita di Purwakarta Berhasil Diimunisasi

"Ketika hari ini kita mengajak kopi Colol ke ruang pariwisata, itu semata-mata karena kita menyadari bahwa kopi harus punya nilai tambah, dari sekadar bulir kopi, dari sekadar tepung kopi. Kita pelihara budayanya, kita jaga tradisinya, kita rawat alamnya, kita promosikan keramahtamahan kita. Kita saat ini berada di mana? Kita berada di Colol surga kopi dunia," seru Bupati Andreas Agas dari atas podium.

"Kita sedang menawarkan cita rasa pariwisata dari tradisi kopi kita yang hebat ini. Maka ini bukanlah soal Colol dalam satu minggu Festival, ini soal bagaimana kita merancang kampung halaman kita sebagai destinasi kopi terbaik kelas dunia. Jadi hanya pikiran besar yang bisa bertumbuh di tempat ini. Tentang tujuan, tentang harapan, tentang niat baik, dan bukan tentang masalah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title