Platform SATUNADI, Percepat Layanan kesehatan Masyarakat Hingga Tingkat Klinik

Platform Digital Layanan Kesehatan
Sumber :
  • Istimewa

 

VIVAJabar - SATUNADI-RS dinilai berpotensi memberikan manfaat besar bagi rumah sakit dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Sebab, solusi ekosistem kesehatan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) ini dinilai dapat mengefisiensikan pengelolaan rumah sakit, sehingga pelayanan kepada pasien semakin optimal. 

Pandangan tersebut dikatakan oleh Hermawansyah Hidayat, Founder & CEO Hidup Group, platform kesehatan mental di Indonesia. “Dengan mendigitalisasikan proses bisnis, efisiensi operasional rumah sakit dapat ditingkatkan dan pelayanan kepada pasien berpotensi lebih responsif serta terintegrasi. Di sisi lain, perlindungan data yang kuat perlu diperhatikan,” katanya dalam keterangan pers, Kamis 18 April 2024.  

Hidayat menjelaskan, potensi tersebut juga berhubungan adanya berbagai paket langganan yang dapat disesuaikan, rumah sakit dapat memilih solusi paling sesuai kebutuhan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatannya. Pemanfaatan SATUNADI-RS mendukung pengambilan keputusan yang cepat karena hadirnya informasi lebih tepat dan akurat dengan menyatukan semua data digital di dalam satu platform.

“Pemanfaatannya SATUNADI-RS dapat meningkatkan efektivitas layanan dan menghadirkan transparansi pada sektor kesehatan seperti rumah sakit. Harapan kami di Hidup Group adalah SATUNADI-RS tak hanya bisa diakses bagi RS Umum, tapi juga bisa diaplikasikan ke RSJ dan klinik psikologi. Tentunya agar mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan psikologi juga,” sambungnya. 

Ilustrasi gangguan kesehatan

Photo :
  • Screenshoot berita sahijab.com

SATUNADI-RS bisa digunakan mengelola berbagai data operasional rumah sakit dengan lebih efisien, seperti memudahkan rumah sakit mengurus proses administrasi saat klaim BPJS agar lebih cepat. Proses klaim BPJS yang efisien membantu cash flow rumah sakit menjalankan operasionalnya, sehingga dapat memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada pasien. 

Head of Digital Vertical Ecosystem Health Telkom, Meyer Silaban, mengatakan, pihaknya mengajak rumah sakit di Indonesia melakukan transformasi digital memanfaatkan SATUNADI-RS. Dengannya, manajemen di rumah sakit semakin efisien yang berujung pelayanan lebih maksimal ke masyarakat.

“Rumah sakit juga semakin diuntungkan dengan proses pengurusan administrasi klaim BPJS yang lebih efisien lewat SATUNADI-RS,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, SATUNADI-RS dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Manajemen rumah sakit yang terdigitalisasi membuat pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih tepat, berkat rekam medis setiap pasien yang tercatat dengan baik di SATUNADI-RS.

Menurut Meyer, pemanfaatan SIMRS juga selaras Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 24 Tahun 2022, yang mewajibkan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk menggunakan Rekam Medis Elektronik (RME) sebagai dokumen dalam pemberian pelayanan di fasilitas layanan kesehatan. 

“Hadirnya SATUNADI sebagai solusi digital dari Telkom turut mendukung Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 24 Tahun 2022 yang mengharuskan seluruh fasilitas kesehatan memiliki RME dan terintegrasi dengan SATUSEHAT dari Kemenkes,” tambah Meyer. (******)