Pakar Sebut Big Data akan Terus Berkembang di Indonesia

Pakar sebut big data akan terus berkembang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Sebagai negara berkembang, Indonesia menjadi tempat bagi penggunaan dan pengembangan teknologi guna mencapai target smart society di masa depan.

Hadiri Kampus Ramadan FAST, PT Telkom Tekankan Kebutuhan Indonesia akan SDM Bertalenta Digital

Pemanfaat big data menjadi hal mutlak dalam perkembangan teknologi di Tanah Air. Bahkan, kini banyak perusahaan di Indonesia memiliki visi mengelola big data.

Akan tetapi, sering kali tidak terprogram dengan baik karena belum adanya ekspektasi output yang jelas.

PT Telkom Indonesia Gelar Kompetisi KiDi IoT untuk Siswa SMA dan SMK Jabar - Jateng

Karena itu, selain harus disertai komitmen dan output yang tepat, perusahaan juga lebih baik didampingi pihak yang ahli big data. Misalnya menggunakan layanan big data dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yakni BigBox.

"Pendampingan expert akan menjadi pondasi yang kuat dalam implementasi big data. Tanpa itu, maka pengembangannya akan never ending project dan tidak jarang menjadi investasi sia-sia," kata Rinaldi H. Leksana, Cofounder Enclave Kolaborasi Global, Kamis (29/2/2024). 

Tindak Lanjut Kasus Suap Smart City, KPK Geledah Ruang Kerja Wali Kota Bandung

Yudhistira Nugraha, Direktur Jakarta Smart City 2019-2023, mengatakan, peningkatan kapasitas analitik data untuk memproses, menganalisa, dan menginterpretasikan big data secara efektif harus ditingkatkan dengan pemanfaatan teknologi seperti artificial intelligence (AI) dan Machine Learning. 

Pemanfaatan hasil analisa big data untuk pengambilan keputusan (data-driven policy), kata dia, membutuhkan kolaborasi dan keterbukaan data, infrastruktur, dan literasi digital guna memastikan big data dapat dimanfaatkan maksimal.

Halaman Selanjutnya
img_title