356 Siswa SMK Telkom Makassar Ikuti Pelatihan Awareness Literasi Digital

SMK Telkom Makassar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Agar terhindar kejahatan digital yang kian marak, 356 siswa kelas X SMK Telkom Makassar mengikuti pelatihan Awareness Literasi Digital.

Upaya Pemkab Purwakarta Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi

Acara bertajuk "Membangun Jejak Digital yang Aman" digelar di SMK Telkom Makassar, Jln. A. P. Pettarani No.4, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akhir pekan ini. 

Pelatihan yang merupakan kerjasama PT Telkom unit CDC dengan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) ini menghadirkan pemateri pelatihan Syifa Afifah Qalbi dari PT. Telkom Indonesia.

Kisah Anak Yatim Bogor Punya Tabungan Jutaan untuk Sekolah dan Modal Usaha Ibu

Menurut dia, siswa diharuskan mampu memahami rule dalam menggunakan segala jenis perangkat digital. Terutama mempelajari terlebih dulu  mengenai empat pilar penting sebelum kita berkomunikasi digital yaitu digital skill, digital safety, digital culture, dan digital ethics. 

Ini, kata dia, menjadi sangat penting karena dalam keempat pilar itu biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti WhatsApp, grab, shopee dan lainnya.

PT Telkom Indonesia Gelar Kompetisi KiDi IoT untuk Siswa SMA dan SMK Jabar - Jateng

"Ada rambu-rambu yang harus dipahami agar kita terhindar dari kejahatan digital. Terpenting siswa menjadi tahu bagaimana privasi terjaga dan bisa terhindar dari pelanggaran atau kejahatan," katanya.

Dijelaskannya, setiap siswa harus memahami juga apa perbedaan data pribadi dan privasi, sehingga tidak mudah menyebarkannya ke orang lain. Pasalnya data pribadi itu harus dilindungi. Tidak sedikit kasus pelanggaran atau kejahatan digital berawal dari tersebarnya data pribadi atau privasi.

Halaman Selanjutnya
img_title