Bergadang untuk Main Handphone? Inilah 5 Hal yang Akan Kamu Rasakan

Sleep call
Sumber :
  • Freepik

VIVAJabar – Siapa yang sering memantau ponsel semalaman? Lalu tiba-tiba waktu sudah dini hari. Padahal itu adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dan tidur.

Kecanggihan Galaxy Watch 7 Jadi Asisten Kesehatan, Mampu Ukur Gula Darah Tanpa Tusuk Jari

Pada era digital seperti sekarang ini, ponsel memang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari bekerja, bersosialisasi, hingga mencari hiburan. Hampir semuanya bisa dilakukan hanya lewat ponsel. Namun, penggunaan ponsel yang berlebihan, terutama hingga larut malam, memiliki dampak negatif yang cukup serius. 

Mari kita bahas lebih lanjut tentang bahaya main ponsel sampai bergadang.

1. Gangguan Tidur

Terbaru! Fitur Canggih Galaxy Watch 7 Mampu Ukur Gula Darah Tanpa Tusuk Jari

Pertama, salah satu dampak yang paling jelas dari bermain ponsel hingga larut malam adalah mengalami gangguan tidur. Cahaya biru yang terpancar dari layar ponsel dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Akibatnya, kita akan sulit merasa ngantuk dan tidur dengan nyenyak. Kurang tidur bisa mengakibatkan kita merasa lelah dan tidak bersemangat di keesokan harinya.

2. Penurunan Kesehatan Mental

Selanjutnya, kebiasaan bergadang sambil main ponsel juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Kurang tidur berkaitan dengan peningkatan risiko depresi, kecemasan, dan stres. Selain itu, menghabiskan waktu yang lama di media sosial seringkali membuat kita membandingkan diri dengan orang lain, yang bisa menurunkan rasa percaya diri dan kebahagiaan.

Halaman Selanjutnya
img_title
5 Manfaat Makanan Pedas yang Jarang Orang Tahu