'Mamin' Produk Favorit di Platform Digital, Penjualan Naik 2 Kali Lipat Dibanding Periode Lalu
- Screenshot berita VivaNews
VIVA Jabar - Makanan dan Minuman (Mamin) menjadi produk paling laris terjual di platform digital Tokopedia. Bahkan, angka penjualan di Semester Awal 2023 meningkat 2 kali lipat dibanding periode sebelumnya di tahun 2022.
Peningkatan penjualan tak bisa lepas dari cara dan inovasi Tokopedia dalam memanjakan para pengguna layanan.
Kini, Tokopedia memiliki fitur baru yang disebut dengan 'Hyperlocal Tokopedia'. Fitur ini dinilai memudahkan pelaku usaha lokal atau UMKM di setiap daerah di Indonesia, bahkan cenderung meningkat.
Dengan fitur tersebut, ketika pengguna Tokopedia menginginkan barang yang ingin dibelinya. Maka akan mengatakan kepada toko terdekat dimana pengguna tinggal.
"Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi. Contohnya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. KTP memungkinkan penjual menjangkau pasar di wilayah sekitarnya dengan lebih mudah," kata Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega di Yogyakarta, beberapa hari lalu
Selain itu juga, ia menambahkan fitur Hyperlocal Tokopedia mampu meningkatkan UMKM makanan dan minum, khususnya di Yogyakarta.
Selain membantu pelaku usaha lokal juga menciptakan peluang serta mengembangkan bisnis para mitra usaha.
Ilustrasi Teknologi, Tokopedia Bantu UMKM Yogyakarta via Marketplace
- Screenshot berita VivaNews
Tak hanya bermanfaat bagi UMKM, Hyperlocal Tokopedia pun merupakan sebuah upaya platform dalam memberikan pelayanan yang memudahkan.
Fitur ini, kata Adega, mempermudah masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien.
Sehingga, Hyperlocal Tokopedia pun berdampak positif terhadap tren belanja online masyarakat Indonesia.
"Pada kategori produk makanan dan minuman di Tokopedia, hampers makanan (kue kering, coklat, buah), wortel dan beras ketan menjadi beberapa produk paling laris, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat,” tutur Antonia.
Ilustrasi Teknologi, Tokopedia Bantu UMKM Yogyakarta via Marketplace
- Screenshot berita VivaNews
Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama setahun ke belakang, antara lain olahraga dan hobi, fesyen, serta kebutuhan sehari-hari atau groceries (termasuk makanan dan minuman serta perawatan diri).
"Selain itu, di DIY, daging kambing, hampers makanan (kue kering, coklat), beras hitam, cabai hijau dan kopi literan menjadi beberapa produk makanan dan minuman yang paling banyak dibeli melalui Tokopedia, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022, dengan rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 2,5 kali lipat," tutup Antonia Adega.