Menu Sahur Sehat Ala dr Zaidul Akbar untuk Puasa Ramadhan 2024

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

Jabar – Ramadhan 2024 segera tiba. Umat Muslim di seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh. Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa, diperlukan asupan makanan yang seimbang dan bergizi, terutama saat sahur.

5 Tips Makan Sehat: Gaya Hidup yang Menyehatkan Tubuh

Sahur adalah makanan terakhir sebelum memulai puasa. Sahur memiliki keutamaan sebagaimana sesuai hadis Nabi Muhammad SAW bahwasannya makan sahur merupakan makanan yang penuh berkah. "Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan,” (HR Muslim)¹.

Maka dari itu, menu sahur sehat sangat penting untuk dipilih agar tubuh mendapatkan energi dan stamina yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Salah satu praktisi kesehatan yang terkenal dengan konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR) adalah dr Zaidul Akbar. Beliau sering membagikan tips dan resep makanan sehat yang terinspirasi dari pola hidup Rasulullah SAW.

7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Ramadan, Jangan Konsumsi Ini!

Dalam salah satu video di kanal YouTube Kitab Kuning, dr Zaidul Akbar menjelaskan menu sahur sehat yang cocok dikonsumsi supaya tidak mudah mengantuk saat menjalani puasa. Menurutnya, ngantuk sehabis sahur tidak jarang terjadi lantaran pola makan yang kurang sesuai.

Berikut adalah menu sahur sehat ala dr Zaidul Akbar yang dapat Anda coba di rumah:

1. Infused water dengan rempah-rempah

Bahaya! Cegah Dehidrasi Berat Saat Puasa Ramadan, Begini Caranya

Anda bisa mencampur irisan kunyit, kencur, dan lada hitam ke dalam botol berisi air mineral. Minuman ini dapat memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, rempah-rempah juga memiliki khasiat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-oksidan yang baik untuk kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title