Terdapat 186 Unit Kereta, LRT Jabodetabek Segera Diresmikan
- Istimewa
VIVA Jabar – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan meresmikan transportasi massal Kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek pada 26 Agustus 2023 mendatang.
Proyek strategis nasional yang akan segera diresmikan itu menggunakan rangkaian kereta yang diproduksi oleh PT INKA dan telah memesan sejumlah 31 rangkaian dengan 6 kereta di setiap rangkaiannya, sehingga total ada 186 unit kereta.
Setiap rangkaian dapat mengangkut hingga 740 penumpang ketika normal dan hingga 1.300– 1.500 penumpang dalam kondisi padat. Diketahui, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai penyeleggara.
LRT Jabodebek operasional juga mengelola fasilitas pendukung baik di dalam area stasiun maupun di luar area stasiun.
Saat ini pemerintah berencana mensubsidi tiket LRT Jabodebek dengan skema Public Service Obligation (PSO) untuk itu PT. Kereta Api Indonesia (Persero) akan berusaha mengoptimalkan aset-aset LRT yang bisa dijadikan sebagai other income sebagai salah satu cara meningkatkan pendapatan perusahaan serta membantu memoderinisasi aset-aset yang ada.
Salah satu fasilitas pendukung yang berhubungan dengan optimalisasi aset adalah pengelolaan advertising.
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) beberapa waktu lalu telah menujuk salah satu anak usahanya yaitu PT. KA Pariwisata atau KAI Wisata yang bermitra dengan PT. Megabox Glovis atau MBOX Media untuk pengelolaan Advertising di beberapa aset aset LRT. Diantaranya bangunan stasiun baik indoor maupun outdoor, body kereta serta properti lain yang melekat dengan aset-aset LRT Jabodebek.
MBOX Media sendiri adalah perusahaan penanaman modal asing yang merupakan anak usaha dari Hyundai Asset Management, Co. Ltd Korea.
Direktur Utama PT. KAI Wisata, Hendy Helmy dalam keterangannya mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama stategis antara KA Wisata dengan MBOX Media mengharapkan pengelolaan Advertising di LRT Jabodebak bisa berdampak positif kepada kedua perusahaan, selain dari segi peningkatan pendapatan perusahaan juga terhadap transfer teknologi yang akan dilakukan MBOX Media di Indonesia.
Dari Seoul Korea Chairman MBOX Media, Myung Ryul Michael Sou mengatakan bahwa MBOX Media berkomitmen untuk berinvestasi jangka panjang di Indonesia. Sementara untuk project advertising di LRT Jabodebek MBOX Media akan meganggarkan investasi sebesar 500 milyar rupiah dan masih akan mungkin bertambah seiring dengan didapatkannya beberapa proyek strategis yang berkaitan dengan bisnis perusahaan.
Sementara itu di Jakarta, CEO MBOX Media Daniel Louis Renzo menyampaikan MBOX Media sangat berterima kasih kepada PT. KA Pariwisata atau KAI Wisata karena telah dipercaya sebagai mitra strategis dan exclusive untuk pengelolaan Advertising di LRT Jabodebek.
"MBOX Media akan menjalin kerjasama dengan beberapa partner Advertising lokal seperti Prisma Advertising, Otego Media dan SSpace, selain itu MBOX Media berkoitmen untuk membawa teknologi-teknologi baru yang akan di terapkan di Indonesia," kata Daniel Louis Renzo.
Dalam waktu dekat MBOX Media juga akan melakukan gala dinner dan mengundang CEO dan pemilik brand- brand terkenal baik lokal maupun internasional di Jakarta.