Amnesty Internasional Desak Anggota Paspampres yang Bunuh Pemuda Aceh Diadili di Pengadilan

Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Indonesia dihebohkan dengan kabar kasus penculikan beserta pembunuhan pemud Aceh yang dilakukan oleh oknum Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa atas Kepergian Marhan Harahap

Hal itu pun mendapat kritikan keras oleh para lembaga-lembaga di tanah air, salah satunya ialah Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Usman Hamid. Usman mengecam keras tindakan biadab yang dilakukan oleh oknum Paspampres tersebut.

Pelaku pun diketahui berinisial Praka RM, ia menganiaya pemuda Aceh IM (25) hingga mengakibatkan IM meninggal dunia. Maka itu, Usman meminta agar Praka RM diadili secara terbuka dan diberikan hukuman yang setimpal atas kasus tersebut.

Viral Gerakan Sholat Paspampres saat Menjaga Presiden Jokowi

"Kami mendesak agar pelaku diseret ke ranah yurisdiksi peradilan umum, diadili oleh para hakim yang berintegritas dan diberikan hukum yang setimpal," kata Usman dalam keterangan resminya, Senin, 28 Agustus 2023.

Usman menilai tindakan yang dilakukan Praka RM dapat terus terjadi oleh oknum lainnya jika tak dilakukan penegakan hukum yang adil. Ia juga menilai bahwa tindakan seperti yang dilakukan Praka RM selalu ada upaya untuk ditutup-tutupi.

Setelah Mahasiswa, Waras Wasisto Kini Difavoritkan Pemuda Jadi Caleg DPR RI

Bahkan, aksi itu kadang disangkal padahal sudah merusak kehidupan bangsa Indonesia. Usman mengingatkan Indonesia merupakan negara hukum dan mesti menjunjung tinggi kesetaraan warga.

"Kelakuan seperti itu bisa terus terjadi dan tidak pernah berhenti karena absennya penegakan sistem keadilan berupa penghukuman yang adil. Selalu ada upaya untuk memaklumi, menutupi, dan menyangkal atau lebih jauh bahkan membenarkan suatu tindakan yang jelas-jelas telah merendahkan harkat manusia, merusak sendi-sendi kehidupan kebangsaan kita yaitu negara hukum dan kesetaraan warga," jelas Usman.

Halaman Selanjutnya
img_title