Ternyata Konsumsi Daging Merah Perbesar Terkena Risiko Kanker Prostat, Bukan Air Kemasan

Kanker Prostat.
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Penyebab pasti terjadinya kanker prostat hingga kini masih belum diketahui secara pasti. Yang baru diketahui itu adalah faktor risiko yang bisa meningkatkan terjadinya kanker prostat.

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

Karena itu informasi  terkait isu yang menyatakan bahwa air galon guna ulang itu bisa menyebabkan penyakit kanker prostat sangat diragukan. 

Hal itu disampaikan dr. Muhammad Royanul Firdaus, Sp.U, Dokter Spesialis Urologi yang berpraktik di RSUD Tugurejo Semarang, rumah sakit Hermina Pandanaran Semarang dan rumah sakit Islam Muhammadiyah Kendal.

Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Besok, Hari Raya Idul Fitri Diprediksi Serentak

“Risiko kanker prostat ini terutama terjadi pada orang-orang berkulit hitam yang memiliki pola makan daging merah. Itu hanya faktor risikonya saja, sedang sampai sekarang untuk penyebab langsungnya belum diketahui,” ujar dr Muhammad dalam keterangannya, dikutip Jumat 22 September 2023. 

Ilustrasi Sel Kanker.

Photo :
  • Viva.co.id
Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

Menurutnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak daging merah, risiko terjadinya kanker prostat itu lebih besar.

“Dari data statistik terlihat, ternyata penderita kanker prostat itu cukup tinggi pada pria kulit hitam karena suka makan daging merah. Begitu juga orang-orang Jepang yang pindah ke Amerika, itu faktor risikonya untuk mengalami kanker prostat juga cukup tinggi karena suka makan daging merah,” tukasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title