Geger Kuburan Massal Ampuh Cegah Orang Buang Sampah Sembarangan, KDM Sarankan Ini Agar Lebih 'Sakral

Dedi Mulyadi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kemunculan kuburan massal di pinggir jalan Desa Cinangka, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta mendadak viral. Rupanya kuburan tersebut sengaja dibuat untuk mencegah orang buang sampah sembarangan.

Dedi Mulyadi Didatangi Eks Wagub Jabar, Bukan Bahas Politik Malah Soal Jodoh

Kades Cinangka Ida Marliana mengatakan, kuburan tersebut dibuat untuk menakuti pelaku yang kerap membuang sampah sembarangan di tempat tersebut. Pelaku adalah orang yang lewat dan bukan warga desa.

“Ini yang biasa buang itu orang lewat atau pengendara karena warga desa sendiri sampahnya sudah kita kelola diangkut oleh DLH,” ujar Ida.

Keluarga Ungkap Fakta Mengejutkan di Balik Pernikahan Sesama Pria di Cianjur

Sebelum ada kuburan, pihak desa telah membuat spanduk berisi sumpah serapah bagi orang yang buang sampah di tempat tersebut akan celaka. Bahkan siapa saja yang bisa menangkap pelaku buang sampah akan diberi imbalan Rp 500 ribu dan pelaku didenda Rp 1 juta.

“Gak mempan pakai pengumuman itu tetap ada yang buang sampah. Tapi setelah dibuat kuburan alhamdulillah gak ada yang buang sampah lagi,” ucapnya.

Kepala Desa se-Jawa Barat Dorong Dedi Mulyadi Maju di Pilgub Jabar

Sementara itu pembuatan kuburan pertama kali dibuat oleh petugas pengelola sampah desa. Petugas kesal karena setiap hari selalu ada sampah yang harus dibersihkan di tempat tersebut.

“Mulanya saya mimpi pas malam Jumat itu pelaku yang buang sampah ketabrak mobil mati di sini. Besoknya saya ada ide buat kuburan di sini. Ini sudah ada sekitar dua minggu lalu,” kata petugas tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title