Kabupaten Bandung Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di KIM Festival 2023

Kabupaten Bandung Sabet Dua Penghargaan Bergengsi di KIM Festival 2023
Sumber :
  • istimewa

 

Dinilai Berprestasi, Bupati Bandung Didorong Kembali Maju di Pilkada 2024

VIVAJabar - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cerdas Desa Tarumajaya Kabupaten Bandung berhasil menyabet dua penghargaan bergengsi tingkat Nasional pada puncak perayaan KIM Festival 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), Sabtu 28 Oktober 2023 di Kota Surabaya. KIM Cerdas Tarumajaya terpilih sebagai KIM Terbaik tingkat Nasional kategori Pertanian dan Perkebunan sekaligus menjadi KIM Favorit pada ajang bergengsi tersebut.

Pada malam apresiasi tersebut, ada 16 KIM dari 14 provinsi di Indonesia yang turut berpartisipasi mengikuti lomba KIM terbaik. Ada tiga kategori yang dilombakan pada ajang tersebut, yaitu UMKM, pariwisata, serta pertanian dan berkebunan. Dari jumlah tersebut, tercatat 10 KIM mengikuti lomba kategori UMKM, 3 KIM pertanian, dan 3 KIM pariwisata.

Mahasiswa Bandung Komitmen Jaga Kerukunan, Toleransi dan Nilai Luhur Kebangsaan

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Usman Kansong yang memberikan langsung penghargaan tersebut mengungkapkan apresiasinya kepada para pegiat KIM.

"Malam Apresiasi bagi para pegiat KIM ini adalah yang pertama kali kolaborasi antara Kemenkominfo dan Diskominfo Kabupaten/Kota untuk menunjukkan kemampuan mereka. Kategori penilaian KIM tahun ini memang masih terbatas, tapi mudah-mudahan tahun depan bisa ditambah lagi kategorinya,” tuturnya.

Hasil Rekapitulasi KPU, PKB Jadi Penguasa Baru di Kabupaten Bandung

Usman berharap agar kategori apresiasi yang diberikan Kemenkominfo tahun ini bisa memajukan semangat KIM dalam menyebarkanluaskan informasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Meskipun KIM Festival baru diadakan beberapa kali, saya sangat bangga karena KIM yang ikut berkompetisi tahun ini kualitasnya semakin meningkat. Mudah-mudahan ke depannya juga ada apresiasi yang lebih nyata lagi untuk meningkatkan kemampuan pegiat KIM, misalnya diperbolehkan magang di Kemenkominfo selama satu minggu full dibiayai oleh kami atau diperbolehkan mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS)," tambah Usman.

Halaman Selanjutnya
img_title