Tuntut Firli Bahuri Dicopot, Para Mantan Petinggi KPK Gelar Demo di Gedung Merah Putih

Para mantan petinggi KPK
Sumber :
  • viva.co.id

JabarAbraham Samad, Saut Situmorang, Bambang Widjojanto, Denny Indrayana, dan Eks Penyidik KPK Novel Baswedan turun aksi di depan Gedung Merah Putih di jalan Kuningan Persada pada Senin, 10 April 2023. Para mantan petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menuntut Ketua KPK Firli Bahuri dicopot dari jabatannya.

Terlibat Dalam Kasus SYL, Biduan Dangdut Nayunda Nabila Dipanggil KPK

Aksi tersebut turut menyertakan tagar #KPKDikorupsi dengan tuntutan pencopotan Firli Bahuri sebagai Ketua Lembaga Anti Rasuah tersebut.

Aksi para petinggi KPK tersebut, akhirnya semakin ramai dengan datangnya massa dari Koalisi Masyarakat Sipil. Massa itu membawa tuntutan yang sama. Karenanya, mereka mendapat barisan di depan Gedung anti rasuah tersebut.

Selewengkan Dana Aspirasi, Mantan Anggota DPRD Subang Divonis 2,6 Tahun Penjara

Tidak hanya berteriak, para mantan petinggi KPK itu juga membawa poster berupa kertas bertuliskan 'Masa Depan Pemberantasan Korupsi Lebih Penting Daripada Masa Depan Firli' 'Copot Pimpinan KPK Pelanggar Etik,' Dugaan Perkara Bocor Firli Harus Dicopot'.

Bahkan, diantara para 'veteran' KPK tersebut membawa topeng bergambar wajah Firli Bahuri dengan tulisan di dadanya, 'Pelanggar Etik'.

Heboh Korupsi Timah Rp271 T, Dedi Mulyadi Sempat Minta Penambangan Liar di Babel Ditutup

Rencananya, para mantan petinggi KPK itu akan melapor kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Sebagai informasi, Ketua KPK Firli Bahuri kini tengah menjadi sorotan publik lantaran pencopotan Brigjen Endar Priantoro yang dinilai diputuskan secara sepihak. Kemudian, pun beredar informasi bahwa Firli telah membocorkan dokumen penyelidikan dugaan korupsi tunjangan kinerja (Tukin) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.