Jadi Plt. Menkopolhukam, Istana Pastikan Kinerja Tito di Kemendagri Tidak akan Terganggu

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Presiden Jokowi melalui Keppres Nomo 20/P tahun 2024 telah memberhentikan dengan hormat Mahfud MD sebagai Menkopolhukam.

Kemenpora Instruksikan Intansi Pemerintah Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Bersamaan dengan itu, presiden juga menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Plt. Menkopolhukam sampai ada pejabat definitif.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan ditunjuknya Tito sebagai Plt. Menkopolhukam karena Tito dianggap memiliki kualifikasi yang baik. Kata Ari, Tito juga merupakan menteri senior.

Istana Tegaskan Jokowi Tak Ikut Campur Pembentukan Kabinet Prabowo-Gibran

"Pak Tito Karnavian kan di jajaran Kemenko Polhukam termasuk salah satu menteri yang senior ya, selain juga ada beberapa menteri lain. Jadi Bapak Presiden menunjuk beliau sebagai Plt. Menko Polhukam," kata Ari ketika ditemui di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat, 2 Februari 2024.

Kemudian, Ari memastikan bahwa kinerja Tito di Kemendagri tidak akan terganggu usai ia ditunjuk sebagai Plt. Menkopolhukam menggantikan Mahfud.

Update KPU: Prabowo-Gibran Rebut Kemenangan di Kepulauan Riau

"Tidak (berpengaruh) saya kira. Sistem pemerintahan kita kan berjalan dengan baik ya. Selain itu, tentu saja Pak Tito akan dibantu oleh deputi-deputi Kemenko Polhukam yang ada, sehingga tidak akan ada kesulitan bagi Pak Tito untuk menjalankan fungsi sebagai Plt. Menko Polhukam," tutur dia.

Dengan sistem yang mendukung, menurut Ari, Tito akan mampu melanjutkan apa yang telah dibangun dan dijalankan oleh Mahfud MD di Kemenkopolhukam.

Halaman Selanjutnya
img_title