Tipu-tipu Gelar Habib, Pria Ini Dibekuk Polisi Usai Raup Rp4 Juta per Nama

Tersangka pelaku jual beli sertifikat Habib.
Sumber :
  • tvOnenews.com

Jabar – Aksi penipuan dengan modus jualan gelar habib terbongkar. Seorang pria berinisial JMW (24) harus berurusan dengan polisi karena mencatut nama Rabithah Alawiyah, organisasi islam yang mengurus nasab para habib di Indonesia.

Seorang Remaja di Subang Ditusuk Gengster hingga Tembus ke Paru- Paru

JMW ditangkap di kawasan Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (28/2) lalu. Ia diduga telah menipu banyak orang dengan menawarkan jasa pembuatan sertifikat habib palsu dengan tarif Rp4 juta per nama.

Cara kerjanya, JMW membuat blogspot yang meniru logo Rabithah Alawiyah dan mengaku bisa mendaftarkan nama seseorang agar tercatat di organisasi tersebut melalui jalur belakang atau tidak resmi. Ia mengklaim memiliki akses ke database nasab semua habib yang ada di Indonesia.

Tindak Tegas Bikers Sunmori, Masyarakat Diminta Melapor jika Ada Balapan Liar

"Yang mana pemilik blogspot tersebut menduplikasikan logo milik Rabithah Alawiyah sehingga seolah-olah adalah blogspot resmi dari Rabithah Alawiyah," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, dikutip VIVA Jabar dari tvOnenewa.com pada Minggu, 3 Maret 2024.

Namun ternyata, blogspot yang dibuat JMW adalah palsu. Rabithah Alawiyah sendiri tidak memiliki blogspot https://maktabdaimi.blogspot.com/?m=1 dan hanya memiliki website resmi https://rabithahalawiyah.org/.

Selebgram Chandrika Chika Ditetapkan Tersangka Dugaan Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Kasus ini terungkap setelah ada korban yang curiga dan melapor ke polisi. Polisi kemudian menelusuri jejak JMW dan berhasil menangkapnya. Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa satu handphone, satu laptop, dan satu akun Gmail.

"Peran JMW, membuat blog palsu, dan menjanjikan pembuatan sertifikat habib melalui jalur belakang (atau) tidak resmi," ujar Ade.

Halaman Selanjutnya
img_title