Ramadan Berkah, Pos Indonesia Gelar Program TJSL Serentak di Indonesia

Pos Indonesia gelar TJSL seluruh Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarPos Indonesia terus menggelar kepedulian sosial terhadap masyarakat. Di bulan suci Ramadan 1445 ini, Pos Indonesia melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan mengusung tema “Pos Berbagi dan Mengasihi" atau PosBersih 2024.

Jasa Tirta II Bangun Jembatan Ramah Lingkungan untuk Warga Baduy

Puncak dari program TJSL PosBersih 2024 salah satunya dilakukan melalui pemberian takjil dan sembako secara serentak di seluruh kantor Pos di Indonesia pada Kamis 28 Maret 2024 lalu.

Pos Indonesia gelar TJSL seluruh Indonesia

Photo :
  • Istimewa
Pegadaian Kanwil X Jawa Barat Berikan Sentuhan Haru, Fasilitasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Di berbagai daerah di Indonesia seperti di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, NTT, hingga Papua pegawai Pos Indonesia memberikan takjil gratis dan paket sembako murah. 

“Program CSR Pos Indonesia ini dalam bentuk bantuan penyediaan takjil dan paket sembako murah bagi ribuan O-Ranger,” kata Corporate Secretary Pos Indonesia Tata Sugiarta

Pos Indonesia Raih Penghargaan Branding dan Marketing Awards 2024

Diketahui, O-Ranger adalah mitra kurir Pos Indonesia yang bertugas di garis depan melakukan pick up dan drop kiriman customer. Di Indonesia, terdapat puluhan ribu O-Ranger dan O-ranger Mawar. Puluhan ribu O-Ranger tersebut menggantungkan hidupnya menjadi mitra kurir Pos Indonesia.

Pos Indonesia gelar TJSL seluruh Indonesia

Photo :
  • Istimewa

“Ini adalah bentuk kepedulian kami Pos Indonesia kepada para mitra kurir dan masyarakat. Kami menyisihkan sebagian keuntungan perusahaan untuk berbagi kebahagiaan dengan membantu masyarakat dan lingkungan sekitar,” jelas Tata.

Diakuinya, program PosBersih adalah salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility) yang di inisiasi Divisi TJSL selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Program ini digelar sebagaimana arahan  Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi pada Apel Siaga “Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah" pada 12 Maret 2024 lalu.

Pada kesempatan itu, Dirut menekankan pentingnya digelar program tak hanya mencakup bisnis dan operasi, tetapi juga sosial. 

“Program ini dilaksanakan di seluruh unit kerja baik regional, kantor cabang, hingga SPP,” imbuh Tata. 

Dia berharap, kegiatan ini dapat membantu dan memberikan kebahagiaan kepada masyarakat pada Bulan Suci Ramadhan tahun ini.

Pos Indonesia, kata Tata, berkomitmen terus berkontribusi kepada negeri melalui kegiatan ekonomi dan sosial. Setiap tahunnya, Pos Indonesia menyisihkan sebagian keuntungan perusahaan untuk pelaksanaan program CSR atau TJSL.

Pos Indonesia gelar TJSL seluruh Indonesia

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya, Pos Indonesia berhasil memborong empat penghargaan pada ajang CSR Excellence Award 2024 yang digelar First Indonesia Magazine pada malam penganugerahan penghargaan di Hotel Salak The Heritage, Bogor, Rabu 20 Maret 2024.

Keempat penghargaan tersebut adalah The Best CSR in MSME Program; The Best Sustainability CSR Program; The Best Program in Education Or Scholarship Category; dan The Best Leadership and Commitment on Sustainability CSR Program kepada Corporate Secretary Pos Indonesia Tata Sugiarta.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pos Indonesia yang dinilai berhasil menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).  Penghargaan diberikan berdasarkan penilaian dewan juri yang dilakukan secara objektif dan independen.

Pelaksanaan program-program TJSL di lingkungan PosIND selama tahun 2023 terdapat beberapa program unggulan antara lain adalah Beasiswa Ikatan Dinas Universitas Logistik Bisnis Internasional (ULBI), Program Pemberdayaan Desa Mandiri menuju ketahanan pangan, Sepeda motor listrik untuk antaran,  bantuan kursi roda bagi pensiunan, dan lainnya.

Pos Indonesia menjalankan program TJSL sebagai wujud komitmen Perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Pelaksanaan program TJSL dilaksanakan berdasarkan empat pilar utama yaitu Sosial, Ekonomi, Lingkungan serta Hukum dan Tata Kelola.

Selain itu, pada 26 Agustus 2023 bertepatan dengan HUT Pos Indonesia ke-277 Pos Indonesia juga melakukan perubahan logo dari merpati menjadi PosIND. Pergantian logo ini juga diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Pergantian logo baru ini sesuai dengan arah baru bisnis Pos Indonesia menjadi perusahaan logistik, namun tidak menghilangkan bisnis lamanya, yaitu kiriman dokumen dan surat.