Upaya Pemkab Purwakarta Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi

Upaya Pemkab Purwakarta Tingkatkan Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Dulu dikenal dengan kota pensiun, kini Purwakarta telah disulap menjadi kota yang luar biasa. Bahkan, daerah ini kini dikenal seantero Indonesia hingga dunia.

Pemkab Purwakarta Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan di Taman Pasanggrahan Padjadjaran

Hal tersebut berkat usaha yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. Terlebih pembangunan-pembangunan yang telah dilakukan dinilai cukup efektif membuat Purwakarta menjadi terkenal.

Seperti halnya dari sisi pelayanan publik, jajaran pemerintah setempat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat yang terus mendorong digitalisasi pelayanan publik berbasis aplikasi.

Ribuan Buruh Ramaikan May Day Fest Purwakarta 2024

"Pemkab Purwakarta terus melakukan upaya peningkatkan pelayanan kepada masyarakat, diantaranya dengan mendorong pemanfaatan pelayanan berbasis aplikasi yang sudah dibangun oleh pemerintah daerah," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Rudi Hartono kepada awak media belum lama ini.

 "Kita juga terus mendorong agar beberapa perangkat daerah mengakselerasikan dalam pemanfaatan aplikasi yang sudah dibangun terutama dalam hal pelayanan publik dan aduan masyarakat," tambah Rudi seraya mengatakan bahwa akselerasi tersebut, sudah selayaknya dimaksimalkan karena pemerintah daerah sudah membuat beberapa aplikasi yang sangat efektif dalam membantu pelayanan di tingkat kabupaten.

Bangun Drainase Lewat Banprov, Upaya Pemdes Palinggihan Tingkatkan Kualitas Hidup Warga

Sejauh ini, Pemkab Purwakarta melalui Diskominfo mengoperasikan empat media pelayanan publik berbasis aplikasi atau internet yang dapat digunakan untuk melakukan pengaduan atau menyampaikan aspirasi masyarakat.

"Ada SP4N LAPOR, Call Center 112, Ogan Lopian, dan WhatsApp Center. Media-media tersebut dikembangkan oleh pemerintah dalam menerima pengaduan dari berbagai kalangan masyarakat, sehingga masyarakat merasakan kehadiran pemerintah dengan lebih nyata," ujar Rudi.

Halaman Selanjutnya
img_title