Kisruh Pembangunan Mal Pujasera Subang, Pemda dan BUMD Saling Menyalahkan

Para pedagang berkumpul mengelilingi Ekskavator.
Sumber :

Jabar – Pembangunan Mal di Pujasera Subang menjadi perhatian masyarakat akhir- akhir ini. Khususnya pedagang existing Pujasera, ratusan penghuni toko los itu menolak pembangunan, sebelum ada lahan pengganti untuk berdagang.

Penjual Pigura di Subang Mulai Kebanjiran Order Pesanan Prabowo-Gibran

Konstruksi bangunan yang menelan biaya Rp700 miliaran di lahan seluas 2,1 hektar milik Pemda Subang itu menjadi polemik ketika BUMD dan Pemda saling tuding dan menyalahkan tupoksi masing-masing.

"Itu kan ranah dari Pemda Subang, sosialisasi dulu ke pedagang. Jadi mereka paham akan ada pembangunan Mal. Kalah sudah gini bagaimana?" ujar Direksi BUMD PT Subang Sejahtera Ono kepada Viva Jabar, Kamis ( 18/4 ).

Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

Menurutnya, pembangunan Mal yang dibranding dengan nama Pesona Subang MaL (PSM) itu, sudah resmi dan melewati berbagai tahapan. Baik dari aspek hukum, BAST, finansial dan lainnya. Hanya mengenai relokasi para pedagang, itu merupakan ranah Pemda Subang.

Hal itu, sambung Ono, pihak pengembang yaitu PT Pesona Subang Sejahtera telah mengambil sikap untuk melakukan konstruksi bangunan di komplek Pujasera dengan menyiagakan Ekskavator untuk meratakan bangunan dilokasi karena time line untuk pembangunan sudah sangat mendesak.

Disdik Subang Tak Cantumkan Ijazah Madrasah Sebagai Syarat Masuk SMP, Kenapa?

"Mereka juga dituntut untuk melakukan pembangunan secepatnya, waktu yang diberikan 3 bulan. Dari bulan Februari - Maret- April, harus sudah ada konstruksi," ungkapnya.

Kepala Bidang Pasar DKUPP Subang Lita Pelitiani mengatakan, pasar Pujasera sudah dilimpahkan kewenangan dan pengelolaannya kepada BUMD PT Subang Sejahtera. Oleh karena itu Pemda dalam hal ini DKUPP, tidak bertanggung jawab lagi terhadap pasar maupun para pedagangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title