Harteknas 2024, Momentum Perkuat Ekspansi Teknologi Bisnis Komoditi Sawit

Teknologi
Sumber :
  • Pinterest

Jabar, VIVA - Dalam rangka mengisi peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) 2024 yang jatuh pada tanggal 10 Agustus, Asosiasi Inventor Indonesia (AII) berpartisipasi dalam event teknologi besar di tanah air, Sawit Indonesia EXPO (SIEXPO) 2024 tanggal 08-10 Agustus 2024 di Pekanbaru, Riau. Partisipasi dalam gelaran atau pameran di SIEXPO 2024 ini merupakan peran aktif AII untuk mensosialisasikan invensi hasil riset Grant Riset Sawit (GRS) yang dibiayai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), khususnya yang telah dianggap layak untuk komersialisasi.

Sosisalisasi dan Ekspo Sawit Baik Indonesia 2023 di Kabupaten Bandung

Di dalam penyelenggaraan SIEXPO yang inisiasi Majalah Sawit Indonesia, selain menampilkan invensi tersebut, Ketua Umum AII, Prof. (Ris) Ir. Didiek Hadjar Goenadi MSc PhD IPU INV menjadi juga salah satu narasumber menyajikan materi berjudul Hasil Grant Riset Sawit BPDPKS sebagai bagian dari Solusi Peningkatan Produksi Kelapa Sawit Nasional.  Materi ini menampilkan 46 invensi hasil GRS 2015-2023 yang dianggap layak komersialisasi.

Prof. (Ris) Didiek Hadjar Goenadi mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari Kerjasama AII dengan BPDPKS dalam rangka mempercepat komersialisasi invensi hasil GRS melalui valuasi dan promosi kepada dunia industri.  Valuasi teknologi yang dilakukan oleh AII telah menghasil 16 invensi hasil riset GRS 2021-2023 yang terdiri antara lain, kendaraan bantu panen, Sepatu dengan biogenic silika, membran ramah lingkungan, alat pembantu pemanen, cairan nano radiator, gliserin pitch untuk aspal, superfood minyak sawit merah, alat pengukur air limbah, penyuluh kelapa sawit pintar, antioksidan untuk kanker, pengumpul logam mulia, surfaktan, pengikat logam berat, pengawet buah, pengolah limbah cair, dan beton ringan.

Sosialisasi & Ekspo Sawit Baik Indonesia 2023 di Kota Cirebon

Indonesia EXPO (SIEXPO) 2024

Photo :
  • Istimewa

Menurut, Prof. (Ris) Didiek Hadjar Goenadi terus melakukan promosi invensi, tidak terbatas untuk kelapa sawit tetapi juga terkait dengan invensi yang dihasilkan oleh para inventor mandiri, seperi Magic Ring untuk kendaraan bermotor, Torsi Plus untuk hemat BBM, dan lain2. Hal ini sesuai dengan misi AII sebagai jembatan antara inventor dan investor untuk mengatasi masalah sindrom Lembah Kematian (death-valley syndrome).  

DPR RI Gandeng BPDPKS Gelar Sosialisasi & Ekspo Sawit Baik Indonesia 2023 di Cirebon

"Selain itu, AII juga menjalin Kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi untuk memvaluasi hasil-hasil riset yang dihasilkan oleh civitas akademika nya yang memiliki potensi tinggi untuk dikomersialisasikan. Dari kegiatan dengan BPDPKS tersebut, hingga saat ini sudah diperoleh komitmen Kerjasama komersialisasi dengan 21 perusahaan," ungkapnya, Minggu 11 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title