Jendral Andika Perkasa Tertinggi di Survei Pilgub Jateng, Kaesang Boncos

Jendral (purn) Andika Perkasa
Sumber :
  • Pinterest

Jabar, VIVA - Lembaga Riset Parameter Pemilu Nusantara (PPN) melakukan rilis survei terbaru terkait preferensi masyarakat Jawa Tengah untuk mengukur elektabilitas para bakal Calon Gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) Jateng 2024. Hasilnya, pada simulasi 5 nama Calon Gubernur yang menjadi top of mind masyarakat, mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn.) 

Dihujani Pertanyaan Seputar Pilkada, Jokowi Minta Wartawan Tanya ke Partai

Andika Perkasa menempati peringkat pertama dengan perolehan elektabilitas sebanyak 39,7%. Selanjutnya peringkat ke 2 ditempati oleh Kaesang Pangarep dengan elektabilitas sebesar 16.8%. Sementara itu, mantan Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi berada pada peringkat 3 dengan perolehan 14.5% untuk selanjutnya disusul oleh mantan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi di tempat ke empat dengan perolehan 8.6% serta Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin dengan elektabilitas 8.5% di peringkat ke 5 dan responden yang masih belum menentukan pilihan sebanyak 11.9%.

"Pada uji simulasi top of mind 5 nama calon gubernur yang disodorkan kepada responden, jika pemilihan gubernur di gelar hari ini maka mantan Panglima TNI Andika Perkasa yang saat ini telah resmi menjadi kader PDIP menjadi pilihan utama masyarakat Jawa Tengah," ujar Peneliti Utama Parameter Pemilu Nusantara, Yusuf Fikri dalam keterangannya, Minggu 11 Agustus 2024.

Ahok Lepas Jabatan Komut Pertamina Demi Dukung Ganjar-Mahfud, Kaesang: Biasa Aja

Jendral (purn) Andika Perkasa - Yusuf Chudlory

Photo :
  • Istimewa

Dalam temuan risetnya, Yusuf memaparkan bahwa keunggulan Andika terjadi dikarenakan tingkat kesukaan masyarakat pada sosok yang berasal dari Korps TNI relatif masih tinggi sebagaimana yang memang lazim ditemui dalam hasil jajak pendapat yang beredar dalam kurun waktu dua dekade ke belakang. Sedangkan untuk nama-nama Wakil Gubernur yang mencuat diantaranya adalah Kaesang Pangarep, Pengusaha asal Pati Witjaksono, Ketua DPW PKB Jateng Yusuf Chudlory, Kepala LKPP Hendrar Prihadi dan mantan Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Ketum PSI Kaesang Tak Layak Jadi Kandidat Wali Kota Depok

Pada simulasi 3 pasang, Andika Perkasa dan Witjaksono menjadi Cagub-Cawagub paling unggul di antara nama-nama lain yang berpotensi maju Pilkada Jateng. "Menyusul di posisi ke dua ada pasangan Ahmad Luthfi dengan Taj Yasin yang memperoleh 27.4% dan posisi ketiga ditempati Kaesang Pangarep-Gus Yusuf Chudlory dengan perolehan 16.1%. Sementara itu, responden yang tidak memilih sebanyak 16.6%," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title