Panglima Santri Naik Pitam, Rombongan Moge Kabur Usai Serempet Motor Santri di Ciamis

Santri korban Motor Gede di Ciamis, Jawa Barat
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA Jabar – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) sekaligus panglima santri Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum murka usai adanya seorang santri Miftahul Huda Al Abidin yang diserempet rombongan Motor Gede (Moge) kemudian pelakunya melarikan diri, di Jalan Sukahaji-Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Sabtu (27/5/2023) kemarin. 

Ada yang Mondok di Gontor, Ini 5 Artis Indonesia Jebolan Pondok Pesantren

Menurut Uu, ia selaku panglima santri mengutuk keras dan kecewa dengan sikap rombongan moge yang melarikan diri usai menyerempet korban. Pria yang akrab disapa Kang Uu itu pun murka, karena rombongan moge itu seakan tak peduli terhadap santri.

"Menyikapi kejadian tertabraknya seorang santri Ponpes Miftahul Huda Al Abidin Ciamis oleh peserta yang ikut kegiatan di Pangandaran. Saya telah menerima berita dari pimpinan. Saya selaku komunitas ponpes, mengutuk dan merasa kecewa terhadap sikap pengendara moge, yang seolah-olah tidak peduli terhadap kami. Santri tertabrak, dia langsung kabur tanpa peduli," kata Uu Ruzhanul Ulum, Minggu (28/5/2023).

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

Hingga kini, kata Uu, ia belum menerima informasi terkait pelaku tabrak lari yang korbannya santri tersebut. Ia menyebut, rombongan moge itu merupakan oknum yang tak bertanggung jawab.

"Saya tidak tahu siapa yang mengendarai (pelaku). Ini membuktikan bahwa dia bukan orang bertanggung jawab," ucap Uu.

Pilu, Santri yang Tewas di Kediri Sempat Minta Tolong ke Ibunya

Uu pun mengancam, jika pelaku tak meminta maaf atau tak ada itikad baik, dampaknya akan berat jika sudah ada komando dari para santri. Pasalnya, santri merupakan komunitas yang tali persatuannya sangat erat.

"Saya harap dia punya itikad baik. Ingat, santri adalah sebuah komunitas yang persatuannya kuat. Santri punya jihad dalam kepribadiannya. Kalau itu sudah dikumandangkan, ini berat. Karena itu, saya minta ada itikad baik," pungkas Uu.