Kemenag Bantah Pernyataan Ridwan Kamil Soal Berikan Bantuan hingga Miliaran ke Al Zaytun

Komplek Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Pernyataan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil soal Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun mendapatkan aliran dana miliaran rupiah setiap tahunnya dari Kementerian Agama (Kemenag) direspons. Juru bicara (jubir) Kemenag, Anna Hasbie mengatakan pernyataan Ridwan Kamil tidak benar.

Ini Kriteria Pemilik KTP KK Masuk Penerima BPNT Rp2,4 Juta

"Kami tidak pernah memberikan dana bantuan ke Al Zaytun," ujar Anna dalam keterangannya, Jumat, 23 Juni 2023. 

Kata dia, lembaga Al Zaytun mengelola madrasah dari jenjang ibtidaiyah (MI), tsanawiyah (MTs), hingga Aliyah (MA) dengan jumlah siswa ribuan. Para siswa itu berdasarkan regulasi berhak mendapatkan dana BOS dari pemerintah.

Jelang Pilkada Serentak 2024, Bey Machmudin Tegaskan Hal ini

“Sesuai regulasi, para siswa ini berhak mendapat BOS. Ini berlaku untuk seluruh siswa yang belajar di madrasah dan memenuhi persyaratan. Sehingga, menjadi kewajiban kami, pemerintah, memenuhi hak-hak belajar mereka melalui BOS,” ucapnya.

"Dana BOS itu hak siswa. Siswa di negeri ini semua menerima dana Bos. Jadi jangan Pak Ridwan Kamil mengatakan Kemenag memberikan bantuan miliaran ke Zaytun, padahal itu dana BOS. Salah kaprah itu," sambung Anna. 

Ridwan Kamil Mendominasi Survei Popularitas Jelang Pilgub Jabar 2024 versi Indodata

Dijelaskan Anna, sebagian dana BOS untuk Al Zaytun telah dicairkan pada tahap pertama. Sedangkan sisanya masih dikaji buntut temuan polemik di Ponpes Al Zaytun saat ini. 

“Tahap kedua belum dicairkan. Kami tentu harus memperhatikan beragam dinamika yang saat ini berkembang sembari menunggu penyelesaian atas persoalan tersebut,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title