90 Persen Santri di Ponpes Al Zaytun Disebut Jelmaan NII, Pintar Berkamuflase

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang
Sumber :
  • Kolase tvOne

VIVA JabarPonpes Al Zaytun sampai saat ini masih menjadi perbincangan hangat di media sosial karena menuai banyak kontroversi. Mulai dari ajaran agama Islam yang diduga menyimpang hingga keterkaitan dengan Negara Islam Indonesia atau NII KW9. 

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Bahkan terbaru ada dugaan tindak pidana di Ponpes Al Zaytun. Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD baru-baru ini. 

Di sisi lain, pemerhati pesantren M. Najih Arromadloni mengatakan berbagai temuan dari penelitian non formal yang dilakukan terhadap Al Zaytun. Salah satunya adalah tentang kelompok Al Zaytun yang sangat pintar dalam berkamuflase. 

Ada yang Mondok di Gontor, Ini 5 Artis Indonesia Jebolan Pondok Pesantren

"Orang melihat ada bendera merah putihnya, menyanyikan Indonesia Raya, meskipun stanzanya berbeda, lalu ada pendeta yang ikut sholat, ini kan sebetulnya bagian dari kamuflase," katanya dilansir dari tvOnenews.com pada Jumat, 30 Juni 2023. 

"Al Zaytun sendiri sebetulnya adalah penjelmaan baru atau re-branding, atau reorganisasi dari NII kan. Dulu ada Kartosuwiryo, Daud Beureueh, ada Jaelani, kemudian dilanjutkan sekarang oleh Panji Gumilang," lanjutnya. 

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

Lebih lanjut, Najih Arromadloni mengungkap bahwa pemberontakan dan upaya mendirikan Negara Islam Indonesia lewat jalur persenjataan sudah gagal pada 1962 silam. Namun, mereka tidak tinggal diam dan berusaha melaksanakan keinginan tersebut. 

Mereka saat ini bergerak lewat kegiatan sosial seperti membangun MIM atau Masyarakat Indonesia Membangun. Kemudian, Najih menyebut bahwa kurikulum yang dipakai di Al Zaytun ada dua, kurikulum resmi dan hidden kurikulum.

Halaman Selanjutnya
img_title