Taufik Hidayat Sebut Ada Keterkaitan Antara Ponpes Al Zaytun dengan Mantan Kepala BIN

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang
Sumber :
  • Kolase tvOne

VIVA Jabar – Peneliti Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun menyebut ada keterkaitan antara Al Zaytun dengan salah satu mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Seperti dilansir dari Catatan Indonesia tvOne Peneliti Ponpes Al Zaytun Taufik Hidayat bahkan menyebut jika salah satu mantan Kepala BIN tersebut harus diperiksa.

Awalnya Taufik Hidayat menyebut jika Ponpes Al Zaytun merupakan pusat camp konsentrasi. Jadi kalau ada MUI dan Kemenag datang ke Al Zaytun untuk investigasi itu hal yang tidak mungkin. 

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

"Tapi satu hal saya menantang Panji Gumilang, jadi Anda ini lupa ya pernah saya wawancarai lima jam lebih,” kata Taufik Hidayat.

Lebih lanjut Taufik Hidayat mengatakan bahwa Panji Gumilang adalah Abu Totok alias Totok Abdussalam yang merupakan pendiri NII KW9.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

“Saat itu kami kejar betulkah Anda Abu Totok? Akhirnya dia ngaku juga karena saya bilang Syekh Anda asli Anyar ya, Dukun Gresik. Saya udah ketemu dengan adik dan ibunya Panji Gumilang,” sambungnya.

Taufik Hidayat mengatakan bahwa Panji Gumilang bukanlah orang sakti, tapi kitalah yang terlalu lemah menghadapi pengasuh Ponpes Al Zaytun.

Halaman Selanjutnya
img_title