Mahfud MD Pastikan BNPT Telusuri Dugaan Afiliansi Ponpes Al-Zaytun dengan NII

Mahfud MD
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) terus mendalami dugaan afiliasi faham radikalisme Negara Islam Indonesia (NII) di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun. Pendalaman dilakukan usai pemerintah mengetahui sejarah ponpes Al Zaytun yang dulunya dimiliki Yayasan NII. 

Update KPU: Prabowo-Gibran Rebut Kemenangan di Kepulauan Riau

Hal tersebut ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kepada awak media saat berada di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2023)

"BNPT terus mendalami dan kami akan monitor. Karena sejarahnya (ponpes Al Zaytun) memang tidak bisa disembunyikan, dulu munculnya (Al Zaytun) dari ide kompartemen wilayah 9 NII," ujar Mahfud dilansir dari viva.co.id

Ratusan Yayasan dan Majelis Taklim di Purwakarta Dibantu Pembuatan Badan Hukum Secara Gratis

"Dulu latar belakangnya di situ, dan ada dokumen yayasannya bahwa dulu yayasannya namanya yayasan NII. Tapi, berubah yayasan pendidikan Al Zaytun ," imbuhnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy & Menkopolhukam Mahfud MD

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews
Hercules Pernah Keok di Tangan Dua Polisi Ini

Mahfud memastikan BNPT turun tangan mendalami dugaan faham radikalisme tersebut. Meskipun, saat ini pemerintah melalui kepolisian lebih fokus kepada unsur pidana umum yang terjadi di ponpes pimpinan Panji Gumilang tersebut. 

"Jadi untuk Al Zaytun sekarang ini kita fokus pada pidana umumnya, bukan pada radikalisme NII-nya. Yang sekarang muncul yang sedang ditangani," tegas Mahfud. 

Halaman Selanjutnya
img_title