Bambang Noorsena Bela Panji Gumilang, Sebut Tak ada yang Salah dengan 'Hevenu Shalom Aleichem'

syekh panji gumilang
Sumber :
  • screenshot berita viva news

VIVA Jabar – Sejarawan, Bambang Noorsena turut berkomentar soal Panji Gumilang mengajarkan para santrinya lagu berbahasa Ibrani berjudul Hevenu Shalom Aleichem. Menurutnya lagu tersebut memiliki arti yang baik karena kerap digunakan Yesus.

Tentang MP3Juice: Situs Pengunduhan Musik yang Populer di Jaman Sekarang

"Beliau itu mengajarkan di pesantrennya yang puluhan ribu jumlah (santrinya), sebuah nyanyian dalam bahasa Ibrani yang merupakan nyanyian Israel, umum sampai saat ini, Hevenu Shalom Aleichem," ujar Bambang dalam YouTube pribadinya seperti dilihat, Jumat, 21 Juli 2023.

"Itu artinya ‘kami membawa damai sejahtera’, ini salamnya Yesus yang disampaikan ketika Yesus baru bangkit kepada para muridnya. Itu luar biasa loh, nyanyian Israel," kata dia.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Lebih lanjut, Bambang memaparkan bahwa pada zaman Yesus terdapat 3 bahasa yang digunakan, yakni Ibrani, Aramaic dan Yunani.

Bahasa Ibrani, kata dia, digunakan orang Yahudi untuk membaca Alkitab. Sementara, Aramaic merupakan Bahasa sehari-hari yang digunakan Yesus dan muridnya. Lalu, Yunani merupakan Bahasa umum, seperti Bahasa Inggris saat ini.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Selain tiga Bahasa di atas, Bambang mengatakan ada satu bahasa lagi, namun tidak digunakan banyak orang, yakni Bahasa latin. Orang pada masa itu menggunakan bahasa latin untuk keperluan administrasi kerajaan.

Pembahasan ini Bambang paparkan sebagai gambaran bahwa ada keserumpunan antara Bahasa yang digunakan dalam agama tertentu. Oleh karenanya, dia sangat menyayangkan adanya pihak yang ribut terkait penggunaan Bahasa tertentu di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title